Beranda » pomade » 11 Rekomendasi Terbaik Pomade yang tidak merusak rambut

11 Rekomendasi Terbaik Pomade yang tidak merusak rambut

Diposting pada 27/03/2024 oleh ◦ Dilihat: 73x ◦ Kategori: pomade

Ada banyak cara untuk meningkatkan penampilan Pria jadi lebih menarik. Bagi Pria, rambut menjadi bagian paling penting terutama untuk penampilan. Dengan penampilan rambut yang keren ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri. Setiap Pria pasti ingin terlihat menawan, oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri. Artikel ini akan membahas tentang pomade dan rekomendasi pomade yang tidak merusak rambut.

rekomendasi pomade terbaik 

Pomade rambut

Pomade adalah produk penataan rambut yang ditujukan untuk membuat rambut Anda lebih lembab dan rapi. Pomade terbagi menjadi dua jenis, yaitu Oil based dan Water based. Seperti namanya, perbedaan dari dua jenis pomade ini terletak pada bahan dasar pembuatannya. Jenis oil based berbahan dasar minyak, sedangkan water based menggunakan bahan dasar air.

Jenis-jenis pomade

1. Pomade oil based

Jenis pomade ini menggunakan bahan dasar minyak. Teksturnya yang lembut membuat pomade oil based lebih cocok digunakan ketika sedang berada di ruangan terbuka. Pomade jenis ini tahan lama saat digunakan. Selain itu tampilan rambut pun akan semakin rapi tertata bahkan jika terkena angin atau guyuran hujan saat bepergian. Sayangnya, pomade oil based ini juga rentan terhadap kotoran atau debu yang nantinya akan menempel pada rambut. Disarankan sebaiknya Anda harus rajin keramas jika menggunakan pomade jenis ini, agar rambut kembali normal dan tidak kaku.

2. Pomade water based

Jenis pomade ini menggunakan bahan dasar air. Teksturnya kenyal tidak terlalu padat dan cenderung seperti gel. Penggunaan pomade water based lebih mudah diaplikasikan ke rambut karena lebih ringan dan dingin di kulit. Pomade ini ringan di rambut. Tapi sayangnya, tidak tahan lama bila terkena air. Pomade water based lebih mudah dibersihkan tanpa harus menggunakan shampo tertentu. Pomade ini cocok untuk rambut lurus, ikal, pendek dan untuk aktivitas indoor. Tetapi tidak cocok untuk rambut yang tipis karena rambut akan terlihat lepek tidak bervolume dan memperjelas rambut tipis.

3. Pomade Mix based

Jenis pomade ini merupakan campuran dari based pomade, yakni air dan minyak. Selain itu, mix based juga sering diartikan sebagai pomade yang saat dipakai menimbulkan kesan tahan lama seperti saat memakai oil based. Selain itu keuntungan lainnya, yaitu jauh lebih mudah dibersihkan sama seperti menggunakan water based pomade. Saat menggunakan pomade mix based, pastikan rambut Anda benar-benar kering agar pomade dapat terserap ke dalam rambut dan memudahkan Anda untuk menatanya.

Jenis pomade berdasarkan karakteristiknya

jenis-jenis pomade

Pomade sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni oil / wax based (berbahan dasar minyak) dan water based (berbahan dasar air). Oil based pomade masih terbagi lagi menjadi light, medium dan hard atau heavy.

1. Light pomade

Tipe Light pomade ini memiliki karakteristik yang ringan. Pomade ini sebenarnya cocok digunakan untuk orang-orang yang menyukai penampilan klasik dengan rambut klimis dan mengkilap.

Pomade dengan tipe ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah diratakan di tangan. Hal ini membuat light pomade jadi sangat mudah diaplikasikan.

2. Medium hold pomade

Pomade tipe Medium hold biasanya memiliki tekstur yang lumayan lembut, tapi sudah terasa padat dan solid. Proses perataan ditangan juga tidak sesulit tipe heavy hold. Jadi pomade tipe ini cocok untuk tatanan rambut simpel tapi mampu memberikan ketahanan yang cukup lama.

3.  Hard / Heavy hold pomade

Pomade dengan karakteristik heavy atau berat, agak susah untuk dicolek. Ketika diaplikasikan ke rambut juga cukup sulit. Jika tidak hati-hati pomade tidak akan rata di rambut dan akan menggumpal. Pomade dengan karakteristik ini juga membuat rambut menjadi lebih keras. Warna rambut juga akan terlihat natural dan tidak terlalu berkilau seperti saat menggunakan pomade dengan karakteristik yang ringan.

 

Oil based pomade sendiri berbahan dasar minyak, sementara water based pomade memiliki bahan dasar air. Pomade dengan bahan dasar air lebih mudah dibersihkan daripada pomade dengan bahan dasar minyak. Tapi disisi lain, pomade dengan bahan dasar minyak bakal tahan jauh lebih lama dibanding pomade dengan bahan dasar air.

 

Tentukan selera Anda, apakah Anda ingin gaya rambut tanpa kilau maka bisa memilih pomade dengan level Light yang bisa diatur kapan saja tanpa terlihat berkilau, atau anda menyukai gaya rambut yang bertahan lebih lama bahkan hingga malam hari maka bisa memilih pomade dengan level Hard.

 

Rekomendasi pomade yang tidak merusak rambut

1. Shantos Romeo Pomade Water Based

Shantos Romeo Pomade Water Based

Produk pomade lokal ini diperkaya moisturizing agent, memiliki aroma vanila, telah terdaftar dan berizin BPOM. Pomade ini dibuat khusus water based sehingga tidak terasa lengket ataupun berminyak ditangan saat pengaplikasian produk. Produk pomade ini tak hanya memberikan hasil akhir yang rapi, namun juga dapat memberikan nutrisi rambut agar tetap sehat terawat.

Harga Shantos Romeo Pomade Water Based mulai dari Rp 22.000

 

2. Bravas Pomade Oil Based Black

Bravas Pomade Oil Based Black

Produk pomade ini menggunakan bahan-bahan alami yang mampu merawat rambut dan memberikan hasil tata rambut yang optimal. Pomade ini terbuat dari bahan-bahan mirip minyak kelapa dan minyak biji anggur yang membuat pomade ini lebih gampang untuk diaplikasikan dan mudah untuk dicuci. Pomade ini juga memberikan hasil rambut yang tahan usang dan performa yang matte atau tidak berkilau. Pomade ini juga memberikan hasil rambut yang tahan usang dan performa yang matte atau tidak berkilau. Pomade ini juga menolong menangkal kerontokan rambut dan mempercepat perkembangan rambut.

Harga Bravas Pomade Oil Based Black mulai dari Rp 15.000

 

3. Vampode Pomade

Vampode Pomade

Pomade Vampode terbuat dari 100% bahan alami seperti mengandung Vitamin E, Beeswax, Coconut oil, Olive Oil, Petroleum Jelly, Shortening Oil, dan Fragrance/Essential Oil. Masing-masing bahan tersebut mengandung kegunaan untuk rambut dan tidak menyebabkan kerontokan bagi rambut. Daya tahan pomade ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu Medium hold dan Heavy hold. Pomade ini juga memiliki aroma yang beragam mulai dari aroma buah, coklat, cappuccino hingga aroma bubble gum.

Harga Vampode Pomade mulai dari Rp 50.000

 

4. Wak Doyok Pomade

Wak Doyok Pomade

Produk pomade asal negeri Jiran ini adalah pomade water based. Produk pomade ini mengandung minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak buah limau yang akan membuat rambut Anda tetap sehat. Untuk ketahanannya tak perlu diragukan lagi.

Harga Wak Doyok Pomade mulai dari Rp 100.000

 

5. Captain Men’s Water Based Pomade

Captain Men’s Water Based Pomade

Produk pomade ini kaya akan kandungan Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kelembaban rambut, kesehatan rambut, dan kilau rambut Anda. Pomade ini akan membuat rambut Ada rapi dengan kilau tinggi.

Harga Captain Men’s Water Based Pomade mulai dari Rp 90.000

 

6. Oh Man! Pomade Firm Hold

Oh Man! Pomade Firm Hold

Produk pomade ini memiliki ketahanan yang lama (firm hold) yang sangat sesuai untuk rambut yang kering atau sukar dikontrol. Dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi yang kondusif untuk digunakan pada rambut. Beberapa bahan utama yang digunakan yaitu Petrolatum, Beeswax, dan Castor oil. Petrolatum atau vaseline berfungsi untuk menciptakan pomade lebih mudah diaplikasikan dan membantu mengunci kelembaban pada rambut. Beeswax menunjukkan kekuatan tahan usang pada pomade dan juga membantu membentuk rambut. Sedangkan castor oil atau minyak jarak, berfungsi untuk menjaga kelembaban pada rambut dan membantu mencegah kerusakan pada rambut.

Harga Oh Man! Pomade Firm Hold mulai dari Rp 72.000

 

7. Makarizo Barber Daily Strong Compound Pomade

Makarizo Barber Daily Strong Compound Pomade

Produk pomade dengan Formula 5-in-1. Sederet keunggulannya adalah memiliki daya rekat strong, berformula ringan, menutrisi rambut, tidak membuat gatal, dan tidak menimbulkan kerak. Produk ini diformulasikan dengan Gliserol yang dapat mencegah kulit kepala gatal. Kandungan Castor oil-nya juga mampu menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, produk ini memiliki Aroma Citrus dan musk yang menyegarkan. Jika Anda mencari produk styling rambut dengan kandungan yang mampu menutrisi rambut sekaligus.

Harga Makarizo Barber Daily Strong Compound Pomade mulai dari Rp 95.000

 

8. Du’Nahl Pomade

Du’Nahl Pomade

Produk pomade yang berasal dari kota Bogor ini dikalim dapat menyehatkan rambut dan mudah untuk dibilas. Pomade ini berbahan dasar alami dan tidak mengandung bahan kimia. Pomade ini ada 4 jenis yaitu Du’Nahl (Light), Du’Nahl (Medi), Du’Nahl (Hard), dan Du’Nahl (XTR) atau Extreme.

Harga Du’Nahl Pomade mulai dari Rp 18.000 – 210.000

 

9. Barbers Pomade

Barbers Pomade

Produk pomade ini sudah hadir di pasaran sejak tahun 90-an. Pomade merupakan salah satu produk lokal yang kualitasnya nggak kalah dengan produk luar. Barbers pomade ini tergolong sehat dan tidak merusak rambut karena mengandung bahan-bahan alami seperti Minyak Kelapa, Lanolin, Wax, dan Fragrance. Produk pomade water based ini mudah dalam pengaplikasiannya dan juga mudah untuk membersihkannya. Daya lekat yang sangat kuat sehingga rambut akan tetap tertata dan rapi sepanjang hari.

Harga Barbers Pomade mulai dari Rp 33.000 – 80.000

 

10. King Pomade

King Pomade

Produk pomade ini berasal dari Garut cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal atau bergelombang. Pomade ini akan memberikan kesan mengkilat pada rambut Anda. Memiliki aroma wangi lemon, anggur, sirsak, bahkan permen. Produknya beragam dari yang medium hold hingga extra hold. Ada juga pomade water based dan produk ini sudah terdaftar di BPOM.

Harga King Pomade mulai dari Rp 27.000 – 60.000

 

11. Puppets Mild Hold Pomade

Puppets Mild Hold Pomade

Puppets Mild Hold pomade ini merk lokal yang memiliki tekstur oil based tapi tapi pomade ini tidak sulit untuk dibersihkan. Dengan satu kali keramas saja, pomade ini akan hilang. Selain itu pomade ini tidak membuat rambut Anda kasar dan akan membuat rambut mengkilap secara instan. Pomade ini juga tidak akan membuat rambut Anda kasar dan nyaman dipakai seharian.

Harga Puppets Mild Hold Pomade mulai dari Rp 70.000

 

Tips memilih pomade sesuai jenis rambut

1. Rambut keriting

Untuk jenis rambut keriting khas pria Indonesia bisa menggunakan jenis Water Based Pomade dan Light Pomade.

2. Rambut bergelombang

Untuk Anda pemilik rambut keriting atau rambut bergelombang juga memiliki kelebihan berupa volume yang banyak. Pemilik jenis rambut ini juga gampang membuat rambut mereka mengikuti model rambut pria yang lurus.

Jenis pomade Light atau Water based lebih disarankan untuk digunakan. Jika Anda Ingin membuat rambut dengan gaya yang kelihatan lurus, maka gunakanlah jenis pomade Heavy untuk mempertahankan volume rambut.

3. Rambut lurus

Untuk jenis rambut lurus memiliki banyak kelebihan karena jenis rambut lurus ini dapat ditata dengan banyak gaya. Bagi Anda yang memiliki rambut pendek dan ingin menggunakan model rambut pria spiky atau quiff, maka gunakanlah jenis pomade Medium hold.

Jenis pomade Water based dan Light atau Medium pomade lebih disarankan untuk rambut pendek agar gampang dicuci. Sebaliknya, jenis rambut lurus yang panjang lebih disarankan menggunakan pomade Oil based atau Heavy pomade agar dapat menjaga style rambut Anda dengan baik.

4. Rambut tebal

Untuk jenis rambut yang tebal,  Oil based pomade juga sangat pas bagi Anda yang punya rambut tebal, karena memang secara umum lebih kuat bila dibandingkan yang pomade water based. Tidak terlalu disarankan untuk menggunakan jenis pomade yang hold rendah. Dikarenakan ketebalan rambut kalian perlu pomade dengan karakter kuat.

Cara menggunakan pomade yang benar

cara menggunakan pomade yang benar

1. Styling rambut saat rambut kering

Pomade bekerja lebih bagus pada rambut kering. Pertama pastikan rambut Anda dalam kondisi 100% kering saat menggunakan pomade. Karena hasil pomade tidak akan maksimal jika diaplikasikan pada rambut yang basah.

2. Jangan berlebihan pakai pomade

Takaran pomade yang ideal adalah tidak lebih dari seukuran koin 1000-an. cukup ambil sedikit saja karena jika mengambil terlalu banyak, karena jika kebanyakan rambut akan terasa lengket dan susah untuk di styling. Pada dasarnya semua pomade itu bersifat buildable, alias dapat ditumpuk dan ditambah sesuai kebutuhan.

3. Ratakan di telapak tangan baru ke rambut.

Pomade perlu dihangatkan dengan cara menggosok-gosok pomade pada telapak tangan. Alasannya karena tekstur yang cenderung kental, sehingga perlu sedikit dilumerkan agar mudah dalam styling dan juga agar tidak menggumpal di bagian rambut tertentu. Pomade yang menggumpal bisa membuat flaking dan membuat rambut susah disisir. Setelah Anda meratakan pomade ditangan baru oleskan sedikit demi sedikit mulai dari ujung rambut.

4. Ambil sisir untuk merapikan

Tentukan gaya rambut yang Anda inginkan. Jika Anda ingin rambut rapi dengan gaya klimis Anda dapat menggunakan sisir bergigi rapat. Tapi jika Anda ingin membuat efek messy yang natural Anda dapat menggunakan jari tangan Anda.

5. Bisa dikombinasikan dengan gel

Trik ini berlaku jika rambut Anda sangat tebal atau susah diatur. Anda dapat memakai gel terlebih dahulu untuk mengatur rambut bagian belakang atau samping. Setelah bentuknya telah jadi, Anda dapat lajut pakai pomade pada rambut bagian atas.

Efek samping menggunakan pomade

efek samping menggunakan pomade

1. Penggunaan Oil-based pomade dapat memicu ketombe. Pada dasarnya, pomade jenis ini mengandung minyak yang dapat menumpuk di kulit kepala. Penumpukan ini dapat menyebabkan munculnya ketombe di kulit kepala apabila tidak dibersihkan secara benar.

2. Pomade juga dapat menyebabkan rambut rontok. Pomade terbuat dari berbagai bahan yang mungkin tidak cocok dengan kulit kepala Anda. Ketidakcocokan inilah yang menyebabkan rambut menipis dan mudah rontok. Dengan demikian, Anda harus lebih memperhatikan kandungan-kandungan di dalam pomade.

3. Pomade yang berbentuk gel juga dapat menumpuk di kulit kepala. Penumpukan ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kesehatan rambut menurun. Akibatnya, rambut akan menjadi rapuh. Untuk mengurangi kemungkinan efek samping tersebut, lebih baik jangan menggunakan pomade setiap hari.

Apa perbedaan pomade water based dan oil based?

Berikut perbedaan pomade water based dan oil based

Water based pomade :

1. Penggunaannya lebih mudah.

Formula yang lebih lembut membuat yang berbahan dasar air lebih mudah penggunaannya dalam menata dan menghaluskan rambut. Bahan dasar ini tidak memiliki sensasi rambut kencang.

2. Cocok untuk Rambut Berminyak.

Penggunaan water based pomade cocok untuk jenis rambut yang berminyak. Hal ini akan membuat ketahanan rambut menjadi lebih lama dan lebih berkilau.

3. Tidak Tahan Lama.

Saat kamu menggunakan water based pomade, terlalu sering menyentuh rambut membuat ketahanannya berkurang. pomade ini mudah hilang dengan air biasa, saat terkena hujan atau keringat, maka dapat menjadi lebih mudah rusak.

4. Mudah Dibersihkan.

Produk pomade dengan bahan dasar air bisa Anda bersihkan dengan mudah menggunakan air biasa. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan apapun saat akan membersihkan rambut ketika menggunakan produk pomade berbahan dasar air. Cuci rambut di dengan air yang mengalir menggunakan sampo hingga bersih.

Oil based pomade :

1. Lebih kuat dan tahan lama

Pomade dengan bahan dasar minyak memiliki kemampuan penataan rambut yang lebih kuat. Anda dapat kembali menata rambut sesering mungkin tanpa kehilangan bentuk hingga kilauannya.

2. Cocok untuk Rambut Tebal.

Jika Anda memiliki jenis rambut yang tebal, sebaiknya gunakan yang berbahan dasar minyak karena dapat menata rambut lebih kuat daripada menggunakan yang berbahan dasar air.

3. Cocok untuk Rambut Kering.

Pomade berbahan dasar minyak dapat melembabkan rambut secara alami. Penggunaan pomade berbahan dasar minyak tidak akan mudah rusak akibat hujan dan keringat. Hal ini sangat cocok untuk digunakan pemilik rambut kering. Tahan Terhadap Hujan dan Keringat.

4. Dapat memicu Penumpukan Minyak pada Kulit Kepala.

Proses pembersihannya pomade yang tidak tepat membuat minyak dapat menumpuk pada kulit kepala. Hasilnya, kamu berisiko mengalami ketombe.

5. Tidak Dapat Dibersihkan Sembarangan.

Biasanya, penggunaan bahan dasar minyak membutuhkan sampo atau produk khusus untuk membersihkan produk dari rambut.

Apa manfaat pomade untuk rambut?

manfaat pomade

Manfaat pomade yaitu dapat membuat rambut terlihat lebih rapi dan klimis, Menjaga posisi rambut agar tidak berantakan atau berubah, Memudahkan dalam penataan rambut, Menggantikan hairspray. Membuat rambut terlihat lembap karena pomade dapat mengunci kelembaban rambut, Memberi efek kilau dan efek wet look.

Apakah pomade bisa melembutkan rambut?

Ya, Pomade dapat membuat rambut Anda tampak lebih lembut dan berkilau, serta melembutkan rambut yang kering dan susah diatur.

Apakah aman memakai pomade?

Penggunaan pomade terutama oil based yang berbasis minyak secara berlebihan juga dapat berpengaruh pada rambut dan kulit kepala. Hal ini karena residu dari pomade yang berlebih dapat menyumbat pori-pori di kulit kepala Anda. Jadi jika Anda suka memakai pomade jangan lupa untuk keramas hingga bersih karena sisa pomade dapat berpotensi menjadi ketombe dan disarankan untuk tidak dipakai setiap hari.

Apakah pomade bikin rambut kering?

penggunaan pomade yang salah malah bisa menyebabkan kerusakan pada rambut, bahkan memicu rambut rontok terutama jika kamu menggunakannya hampir setiap hari. Terlalu banyak menggunakan pomade juga bisa menyebabkan folikel rambut menjadi kering dan rapuh karena kandungan bahan kimia dalam produk. Selain itu, residu produk juga bisa menyebabkan rambut rontok.

 

Itulah tadi rekomendasi pomade yang tidak merusak rambut. Setiap pomade yang telah direkomendasikan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengenali seperti apa tipe rambut Anda ketika ingin membelinya, sehingga Anda dapat memilih pomade yang tepat.

Bagikan ke

11 Rekomendasi Terbaik Pomade yang tidak merusak rambut

Artikel Lainnya

Skincare lokal untuk kulit berminyak dan pori besar
10 Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak dan Pori Besar Yang Ampuh Banget
Diposting pada 03/10/2023 oleh

Skincare lokal untuk kulit berminyak dan pori besar tidak kalah ampuh dari brand luar negeri yang harganya relatif mahal. Ada satu alasan khusus mengapa banyak orang mencari produk lokal Indonesia, ka...

paspor republik Indonesia
Cara Bayar Paspor via ATM, Internet Banking, dan Mini Market
Diposting pada 06/10/2023 oleh

Seiring dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini yang serba digital semua terasa lebih mudah untuk dilakukan. Termasuk juga dengan transaksi pembayaran. Selain bisa melakukan pembayaran sec...

Cara Bayar Tagihan Listrik di Livin by Mandiri
Cara Bayar Tagihan Listrik di Livin Mandiri Untuk Prabayar dan Pascabayar
Diposting pada 05/09/2023 oleh

Tagihan listrik adalah pengeluaran rutin yang harus dibayarkan oleh setiap orang. Dahulu kita harus membayar kepada RT atau kantor pos. Beruntunglah kita hidup di zaman serba mudah, termasuk untuk mem...

Concealer untuk kulit berminyak dan berkeringat
10 Concealer Untuk Kulit Berminyak dan Berkeringat Tahan Lama
Diposting pada 15/10/2023 oleh

Concealer untuk kulit berminyak dan berkeringat adalah solusi bagi Anda yang selama ini dihadapkan pada masalah makeup mudah luntur. Produk kosmetik ini membantu menjaga makeup agar tetap anteng dan b...

11 Rekomendasi Terbaik Pomade yang tidak merusak rambut