Beranda » Kecantikan » 12 Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Remaja yang Aman

12 Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Remaja yang Aman

Diposting pada 27/11/2023 oleh ◦ Dilihat: 137x ◦ Kategori: Kecantikan

Kulit berminyak dapat menjadi tantangan utama bagi remaja, kulit berminyak dapat mengganggu penampilan anda dan dapat membuat kepercayaan diri menurun. Kulit berminyak dapat menyebabkan masalah seperti menyumbat pori-pori, kilau berlebih, komedo dan jerawat pada wajah.

Memilih skincare sangat penting apapun jenisnya baik face wash, toner, serum, moisturizer, hingga dalam memilih produk sunscreen. Penting bagi anda dalam memilih sunscreen yang cocok untuk tipe kulit anda dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak remaja yang tepat dan rekomendasi terbaik sunscreen untuk tipe kulit berminyak.

memilih sunscreen untuk kulit berminyak

Memilih Sunscreen

Memilih Sunscreen untuk Remaja

Carilah sunscreen yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi juga cocok untuk kulit sensitif untuk meminimalkan resiko iritasi. Pilihlah produk-produk yang mengandung bahan-bahan alami dan hypoallergenic sering menjadi pilihan yang baik untuk remaja.

Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Memilih sunscreen yang tidak membuat kulit terasa berat atau greasy adalah kunci penting bagi mereka dengan tipe kulit berminyak. Sunscreen yang oil free atau mattifying juga merupakan pilihan yang baik untuk kulit berminyak. Pilihlah sunscreen yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Hindari sunscreen yang mengandung pewangi dan alkohol agar tidak terjadi iritasi. Menggunakan sunscreen dengan kandungan bahan aktif seperti Allantoin, Asam Salisilat atau Niacinamide karena dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit yang berjerawat.

 

Rekomendasi Sunscreen

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak

Anda bisa memilih sunscreen yang memiliki tekstur gel atau lotion karena mudah menyerap. Berikut rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak antara lain:

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak remaja

Produk Sunscreen Terbaik

1. AZARINE Calm Acne Sunscreen Moisturiser SPF 35 PA+++

AZARINE Calm Acne Sunscreen Moisturiser SPF 35 PA+++

Sunscreen jenis Chemical berbentuk gel yang ringan, cepat meresap di kulit. Sunscreen ini mengandung Bakuchiol yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Sehingga sunscreen ini dapat merawat kulit yang sedang berjerawat dan membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat. Sunscreen ini tidak mengandung alkohol, tidak mengandung paraben, non comedogenic, fungal acne safe, fragrance free dan sunscreen ini cocok untuk semua jenis kulit.

Ulasan pengguna :Pertama kali pakai sunscreen ini rasanya segar, lembab dan bikin kulit jadi tidak berminyak dan juga nyaman di kulit seharian. Selain itu SPF 35 PA+++ yang sudah teruji klinis secara in vivo nya pasti aman buat melindungi kulit dari sinar matahari” – Jeanice Wardani (Female Daily Member)

 

2. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Jenis chemical sunscreen, direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan oily skin. Sunscreen ini berbentuk gel, ringan cepat meresap, tidak meninggalkan rasa lengket di kulit, dan cukup nyaman saat diaplikasikan di wajah tidak menimbulkan whitecast.

Sunscreen ini mengandung Vitamin C kandungan ini bisa mencerahkan kulit, Vitamin B, Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen. Kandungan tersebut dapat melembabkan, melembutkan, menutrisi kulit, dan mempertahankan elastisitas kulit.

Ulasan pengguna :Productnya skin aqua gel cocok untuk kulitku yang cenderung berminyak dan acne prone. Selama pemakaian 2-3 hari, terasa kulit lebih lembut dan i would recommend this product for sensitive skin as a sunscreen or moisturizer. ” – Luhdeany (Female Daily Member)

 

3. H&H Sunscreen Acne SPF 30 PA++++

H&H Sunscreen Acne SPF 30 PA++++

Sunscreen ini teksturnya ringan, non alkohol, non parfume. Dapat memproteksi maksimal dari sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan penuaan dini, wajah kusam, dan bekas jerawat hitam akibat paparan matahari. Produk ini mengandung Tea Tree Oil sebagai antiseptik yang dapat memproteksi kulit, mengurangi pertumbuhan komedo, mengecilkan pori-pori,menghilangkan jerawat mengontrol minyak berlebih dan menutrisi kulit wajah anda. Sunscreen ini non comedogenic, aman untuk ibu hamil dan menyusui, dan bisa digunakan remaja usia 12 tahun keatas. 

Ulasan pengguna : Sunscreen khusus buat kulitmu yang berminyak, sensitif, dan prone. Calming banget dipake pas ada jerawat sekalipun, ga bikin tambah breakout. Teksturnya itu loh, senyaman itu dipake. Finishnya ngasih kesan muka glowing sehat walaupun pas breakout sekalipun. Ada sedikit aroma mungkin itu dari tea tree oil nya, tapi ga ganggu sih.” – Retno (Female Daily Member)

 

4. Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif ini non comedogenic, bebas alkohol, dan tanpa pewangi aman untuk semua jenis kulit. Produk sunscreen ini dapat mencegah hiperpigmentasi serta tanda-tanda penuaan dini. Sunscreen untuk semua jenis kulit ini teksturnya ringan dan cepat meresap, serta bisa membantu menghilangkan bekas jerawat merah. Kandungan ekstrak beras dan citystem yang kaya mineral dan vitamin membantu mengatasi noda bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan.

Ulasan pengguna : Favorite sunscreen! akhirnya ketemu sunscreen yang ga bikin whitecast dan beneranga bikin wajah berminyak! Gampang meresap dan rasanya ringan banget sih, jujur aku suka sama sunscreen ini dan cocok sih di wajah aku yang lumayan berminyak. ” –  Nadya (Female Daily Member)

 

5. The Face Shop Clean Face Oil Control Sun Cream SPF 35 PA ++

The Face Shop Clean Face Oil Control Sun Cream SPF 35 PA ++

Sunscreen untuk kulit berminyak oil free, teksturnya tidak lengket, aman untuk kulit berjerawat maupun sensitif. Sunscreen ini memiliki kandungan Aloe Vera dan Ekstrak Chamomile yang dapat menenangkan kulit dan memberi nutrisi pada kulit.

Ulasan Pengguna :Sun cream ini cocok baget buat saya. Teksturnya cream ringan, tidak lengket waktu dioles, dan pastinya oil free jadi sangat cocok untuk kulit saya. Seharian dipakai juga tidak membuat kulit saya tambah berminyak. Harganya termasuk murah, isinya banyak. ” – Ira (Female Daily Member)

 

6. HANASUI Collagen Water SPF 30+ PA+++

HANASUI Collagen Water SPF 30+ PA+++

Sunscreen ini ringan di kulit tidak lengket, tanpa alkohol, tanpa parfum, tidak menimbulkan whitecast. Dengan perpaduan Collagen Water, Niacinamide, dan Ekstrak Mugwort untuk melindungi, mencerahkan, menghidrasi dan menenangkan kulit anda. Mengandung Sodium Hyaluronate dan Inositol untuk melembabkan,  menghaluskan kulit, membuat kulit kenyal, serta sunscreen ini dapat melindungi kulit  dari bahaya blue light dan polusi lingkungan.

 Ulasan pengguna : “ suka banget sama sunscreen nya hanasui yang ini, di kulit ku ga greasy sama sekali, teksturnya cair kek gel tapi bukan gel,cepat meresap dan ga perih dimata. So far juga ga nyumbat pori atau membuat jerawatan. Harga nya juga murah banget bener bener affordable. Buat yang nyari sunscreen murah tapi ga murahan bisa banget di coba sih ini. ” – IMazmurini (Female Daily Member)

 

7. ERHA Acneact Acne Sun Friendly SPF 30 PA +++

ERHA Acneact Acne Sun Friendly SPF 30 PA +++

Sunscreen ini non comedogenic dan non acnegenic. Tidak membuat greasy karena memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak sehingga tidak membuat greasy dan tidak menyumbat pori-pori. Sunscreen ini aman untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Sunscreen ini mengandung Niacinamide dan Zinc Gluconate kandungan ini mampu mengontrol sebum berlebih dan dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit anda.

Ulasan pengguna : “ Produknya bagus bangett udah aku pake dari 3 tahun yang lalu. Bener bener  bisa ngeredain jerawat dan penolong banget kalo lagi breakout atau muncul bruntusan. ” – Diandra carissa (Soco Member)

 

8. LABORE Biome Protect Physical Sunscreen SPF 45 PA+++

LABORE Biome Protect Physical Sunscreen SPF 45 PA+++

Sunscreen untuk kulit sensitif, dengan kandungan zinc oxide dan titanium oxide yang aman untuk kulit sensitif. Sunscreen dengan formula broad spectrum protection yang dapat menangkal radiasi blue light. Sunscreen ini diperkaya dengan microbiome technology yang dapat membantu menjaga kekuatan skin barrier, sunscreen ini berbentuk lotion.

Ulasan pengguna : “ Ada white castnya dikit tapi abis itu nyatu ama warna kulit, teksturnya juga bukan yang thick banget. Dia aman buat kulit sensitif, ada aroma bau tapi gak cukup menyengat. Kemasannya juga travel friendly, pas pemakaian pertama juga gak bikin panas dimuka. Cukup mencerahkan, dan kayak semi matte hasilnya tapi gak lengket. ” – Amymia (Female Daily Member)

 

9. All Green Comfort Sun SPF 50 PA ++++ COSRX

COSRX All Green Comfort Sun spf 50 pa++++

Jenis physical sunscreen yang mengandung Centella Asiatica dan Moringa Oleifera Seed Extract yang dapat menenangkan kulit anda khususnya bagi pemilik kulit sensitif. Produk ini tidak meninggalkan white cast, aman untuk semua jenis kulit, bebas alkohol dan paraben.

Ulasan pengguna  : “ Sunscreennya cosrx yang ini enak banget dipakenya ga greasy padahal teksturnya lumayan thick, feelnya berasa kaya pake tone up juga jadi rada cerah, tapi ga bikin abu2, suka banget sama baunya I like it!. ” – Alvphrodite (Female Daily Member)

 

10. Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel  SPF 50 PA ++++

Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel  SPF 50 PA ++++

Produk ini bertekstur gel yang ringan, mengandung Niacinamide 2% yang dapat mengurangi kemerahan dan merawat skin barrier, mengandung Hyaluronic Acid yang dapat melembabkan wajah, mengandung Mugwort yang kaya antioksidan yang dapat menenangkan kulit anda. Sunscreen ini akan melindungi kulit anda dari sinar UVA, UVB, blue light, dan radikal bebas.

Ulasan pengguna : “ Sukakk! Formulanya sangat nyaman di kulit ku yg oily! Teksturnya menurutku cream to gel yang ringan banget, cepat meresap, tidak greasy sama sekali, tidak whitecast dan tidak peeling, tidak lengket, dan muka ngerasa adem/ calming pake sunscreen ini, setelah pake ini selain terproteksi dari UVA UVB & blue light dgn SPF 50++ PA++++, aku ngerasa kulit aku jadi lembab!” — Safaranuansa (Female Daily Member)

 

11. AVOSKIN The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA ++++

AVOSKIN The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA ++++

Sunscreen ini mengandung Niacinamide, Vitamin C, Centella Asiatica, dan Zinc oxide yang dapat menenangkan kulit, mencerahkan kulit, meminimalisir paparan polusi, dan sunscreen ini cocok untuk tipe kulit sensitif dan berjerawat.

Ulasan Pengguna : “ Karena kulitku sensitif dan berjerawat akhirnya aku searching sunscreen untuk jenis kulitku physical sunscreen, nah avoskin ini cocok banget buat yang kulitnya berjerawat dan sensitif dia ada kandungan vitamin c, niacinamide, centella yang bantu meredakan kemerahan. Tapi dia emang whitecast banget, cuma aku gpp sih dengan whitecast, karena yang aku suka itu manfaatnya ya. Jadi aku tetep suka sama avoskin karena dia ga buat muka aku jadi tambah parah jerawatnya. “ – Anita carolina (Female Daily Member)

 

12. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Sunscreen waterproof yang memberi perlindungan lebih merata dengan Micro Defense Formula, non comedogenic, mengandung Hyaluronic Acid, Royal Jelly extract, mengandung water capsule, dan tekstur ringan seperti air. Sunscreen ini tidak mengandung zat sulfat, aman untuk ibu hamil, dan tidak mengandung retinol.

Ulasan pengguna : “ Pertama kali coba Biore UV Aqua Rich teksturnya yg watery bikin sunscreen ini cepet menyerap ke kulit. Gak ada whitecast dan bikin kulit keliatan lebih sehat. No hinyai plus gak perih di mata. Aku juga coba pake makeup mantul banget gak bikin patchy atau nge-crack gitu. Makeup aku aman banget gak longsor tahan sampai sore. Super duper luv pokoknya sama sunscreen ini.” – Fameliap (Female Daily Member)

 

Kulit berminyak cocok pakai sunscreen jenis apa?

Pemilik kulit berminyak disarankan memilih sunscreen dalam bentuk gel, lotion, atau spray.

Sunscreen Physical aman untuk kulit sensitif dan langsung bekerja saat digunakan.

Sunscreen Chemical tekstur ringan dan mudah ditumpuk dengan make up dan tidak untuk kulit kulit sensitif

Sunscreen Hybrid aman untuk kulit sensitif dan teksturnya ringan.

Hindari sunscreen yang mengandung vitamin E karena dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak semakin banyak dan bisa menyumbat pori-pori anda.

 

Apakah sunscreen bisa digunakan untuk umur 13 tahun?

Sangat bisa, menggunakan sunscreen bahkan bisa dimulai dari umur 6 bulan ke atas. Perawatan wajib lainnya usia 13 tahun adalah menggunakan sunscreen. Anak-anak rentan terkena sinar UV oleh karena itu perlu untuk memakai sunscreen. Jika tidak dirawat sejak awal akan timbul jerawat, kulit jadi berminyak dan mempengaruhi kualitas kulit anda di masa mendatang. Jadi semakin awal merawat kulit akan semakin bagus, jika anda baru pemula anda bisa memulainya dengan basic skincare dulu yaitu sabun cuci muka, pelembab, dan sunscreen.

 

Bagusan SPF 30 atau 50?

Pada sunscreen SPF 15 melindungi hingga 93%, Sunscreen SPF 30 melindungi hingga 97%, dan Sunscreen 50 melindungi hingga 98% dari paparan sinar matahari.

Sunscreen dengan SPF 50 tekstur kental (beresiko menyumbat komedo), sunscreen SPF 30 tekstur ringan-sedang, dan sunscreen SPF 15 tekstur ringan

Untuk tipe kulit berminyak pilihlah sunscreen dengan SPF 15 atau bisa SPF 30 karena ringan dan cepat meresap. Untuk kulit berjerawat, normal dan berminyak pilihlah sunscreen dengan SPF 30 (bisa untuk semua jenis kulit) dan untuk anda dengan tipe kulit kering pilih sunscreen dengan SPF 50, dan yang terpenting pilihlah sunscreen yang PA nya ada 4 (PA++++), karena proteksinya sangat tinggi terhadap sinar UVA.

 

Sunscreen bisa dipakai dari umur berapa?

Menurut American Academy of Pediatric sunscreen bisa dipakai dari umur anak 6 bulan untuk melindungi kulit anak dari sinar matahari karena kulit si kecil yang tipis sangat rentan dan cenderung sensitif.

 

Perbedaan SPF dan PA ?

Sinar UV itu ada 2, yaitu UVA dan UVB

Sinar UVA itu bisa menyebabkan kanker dan penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan bisa diatasi dengan PA. Apa arti PA++,PA+++, dan PA++++ ? itu artinya menunjukkan bahwa perlindungan dari UVA nya setinggi apa. Untuk PA++ dan PA+++  dipakai beraktifitas di dalam ruangan, sedangkan PA++++ dapat digunakan beraktivitas diluar ruangan

Sinar UVB itu bisa menyebabkan luka bakar dan penggelapan warna kulit. Nah, UVB bisa diatasi dengan SPF

SPF jika semakin tinggi akan semakin berat,dan semakin lengket dan berminyak, semakin berminyak akan semakin menutupi pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi SPF tidak perlu terlalu tinggi untuk kulit tipe berminyak. Karena yang lebih bahaya sinar UVA soalnya bisa menyebabkan kanker.

Apa perbedaan SPF 15, 30, 50 itu adalah lama perlindungannya saja. Jadi berapapun SPF nya tetap dalam memakai sunscreen disarankan 2 atau 3 jam reapply ya. Pilih yang PA ++++ agar perlindungan dari sinar UVA maksimal.

 

Sunscreen untuk kapan?

Sunscreen bisa dipakai mulai jam 6 atau 7 pagi saat matahari sudah muncul sampai 3 sore, disarankan anda tetap memakai sunscreen walau tak pergi kemana pun dan meski anda berada didalam ruangan.

 

Apa kelebihan dari sunscreen?

Melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, menyebabkan penuaan dini, flek hitam dll.

 

Berapa kali kita harus memakai sunscreen?

Anda bisa melakukan reapply sunscreen dalam 2-3 jam sekali. Cara pemakaian sunscreen disarankan sebanyak 2 ruas jari. Saat didalam ruangan maupun cuaca mendung pun tetap memakai sunscreen ya karena sinar UV tetap ada.

 

Sunscreen untuk kulit berminyak harus SPF berapa?

Kulit berminyak lebih rentan terhadap timbulnya jerawat dan komedo. Disarankan pemakaian sunscreen untuk tipe kulit berminyak SPF 15 atau SPF 30 Karena teksturnya ringan tidak berat di kulit dan mudah meresap. Semakin tinggi SPF akan semakin berat di kulit dan akan membuat kulit semakin berminyak, membuat pori-pori tersumbat dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

 

Sebelum pakai sunscreen sebaiknya pakai apa dulu?

  1. Mencuci wajah secara teratur dengan sabun yang sesuai dengan tipe kulit anda. Pilihlah sabun wajah yang mengandung bahan alami dan hindari kandungan kimiawi keras. Gosok wajah secara lembut dengan gerakan melingkar agar tidak merusak kulit anda. Saat mengeringkannya jangan menggunakan handuk tapi pakailah tisu.
  2. Memakai toner, toner dengan kandungan tea tree oil bagus untuk mengontrol minyak berlebih atau bahan seperti witch hazel
  3.  Memakai moisturizer, gunakan pelembab yang non comedogenic, yang tidak menyumbat pori-pori, pelembab yang ringan dan mudah meresap, pelembab dengan kandungan seperti hyaluronic acid atau ceramide.
  4. Memakai serum vitamin C, menggabungkan serum vitamin C dengan sunscreen dapat mempercepat mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat dengan sangat cepat.
  5. Sunscreen, gunakan sunscreen setiap hari baik diluar ruangan maupun di dalam ruangan. Matahari dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit berminyak anda. Pilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti SPF 15 dan 30 PA++ dan PA+++ untuk di aktivitas di dalam ruangan dan PA++++ untuk aktivitas di luar ruangan. Meskipun cuaca mendung sinar UVA UVB tetap ada sehingga disarankan tetap memakai sunscreen.

 

Melindungi kulit dari sinar UV

Pentingnya melindungi kulit dari sinar UV

Sangat penting melindungi kulit dari sinar UV, karena paparan sinar UV bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, menyebabkan penuaan memunculkan gari-garis pada wajah dan bintik hitam bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Jenis sinar UV dan dampaknya

Ada 2 jenis sinar UV yang utama, yaitu sinar UVA dan UVB. Sinar UVA memiliki pancaran yang lebih kuat dan dapat masuk lebih dalam ke kulit, merusak kolagen dan elastin pada kulit. Sinar UVB memiliki intensitas tinggi dan dan menyebabkan kulit terbakar. Kedua jenis sinar UV ini bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan mempercepat proses penuaan pada kulit.

 

Bagaimana cara mengetahui  sunscreen cocok atau tidak?

Sunscreen yang tidak cocok ditandai dengan berikut ini :

  1.  Menimbulkan jerawat di wajah
  2.  Kulit iritasi, terasa gatal
  3. Lama menyerap di wajah
  4. Kulit lebih berminyak
  5. Reaksi alergi
  6. Terasa berat di bawah riasan

 

Bagaimana cara mengontrol kulit berminyak?

  1. Rajin untuk mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit anda.
  2. Menggunakan skincare yang sesuai dengan tipe kulit anda.
  3. Hindari skincare dengan kandungan yang menyebabkan produksi kelenjar minyak semakin banyak, seperti vitamin E
  4. Menggunakan sunscreen yang sesuai dengan tipe jenis kulit anda. Semakin tinggi SPF akan membuat wajah semakin berminyak dan menyebabkan masalah munculnya jerawat dan komedo yang dapat menyumbat pori-pori wajah anda.
  5. Pakai sunscreen sesuai takaran, sebanyak 2 ruas jari dan reapply setiap 2-3 jam sekali.

 

Kandungan apa yang tidak boleh untuk kulit berminyak?

Kandungan-kandungan skincare yang tidak kami sarankan untuk kulit berminyak

  1. Coconut Oil
  2. Vitamin E
  3. Paraffin Wax
  4. Mineral Oil
  5.  Minyak zaitun
  6. Alkohol denat
  7. Butyl Stearate
  8. Stearyl Alkohol
  9. Isopropyl Myristate

 

Kandungan dalam sunscreen yang dapat memicu timbulnya komedo dan bruntusan

  1. Vitamin E
  2. Parfume
  3. Alkohol

Kandungan vitamin E akan dapat membuat produksi minyak berlebih, sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya komedo di wajah. Sedangkan parfum dan alkohol bisa membuat kulit jadi sensitif karena kulit akan bereaksi terhadap sunscreen yang mengandung parfum didalamnya.

 

Kandungan apa saja yang bagus untuk kulit berminyak?

Berikut rekomendasi kandungan yang bagus untuk kulit berminyak

  1. Hyaluronic Acid

Kulit berminyak juga tetap membutuhkan hidrasi. Untuk membantu menghidrasi kulit berminyak kandungan hyaluronic acid bisa menjadi salah satu pilihannya. Manfaat Hyaluronic acid yaitu dapat menarik atau menyerap molekul air 1.000 kali beratnya di air, membuat kulit lebih kenyal, mengontrol produksi minyak berlebih, dan mampu menjaga pori-pori agar tampak lebih kecil. Kandungan hyaluronic acid dapat digunakan bersamaan dengan bahan aktif lainnya seperti vitamin c, retinol, salicylic acid.

  1. Niacinamide

Menurut sebuah penelitian niacinamide dapat merangsang produksi kolagen alami dan efektif menyerap sebum berlebih atau minyak alami kulit. Manfaat lain yaitu dapat mencerahkan kulit, mencegah munculnya jerawat, mengendalikan produksi minyak berlebih, melindungi kulit dari radikal bebas, menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mengurangi garis halus, mengecilkan pori-pori, dan mencegah kanker kulit. Disarankan memilih kandungan niacinamide sebesar 2%-5% saja karena aman. Jangan niacinamide dengan kandungan sebesar 10% karena akan beresiko mengiritasi kulit dan mata.

  1. Vitamin C

Vitamin C bisa untuk semua tipe kulit termasuk tipe kulit berminyak. Vitamin C memiliki beragam manfaat mulai dari mencerahkan, mengatasi permasalahan hiperpigmentasi, dapat menghidrasi kulit tanpa membuatnya semakin berminyak, tanda-tanda penuaan, luka, mengatasi pori-pori yang tersumbat, mencegah jerawat, menyembuhkan jerawat menghilangkan bekas jerawat hingga sunburn. Untuk tipe kulit berminyak disarankan pilihlah serum vitamin c yang mengandung L-Ascorbic sekitar 5%-20%. Vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen dan mencegah kulit dari paparan sinar matahari.

  1. Salicylic Acid

Salicylic acid atau asam salisilat ada 2 jenis asam yang terkenal yaitu AHA dan BHA. Memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan sebagai exfoliant. Manfaatnya mengurangi minyak berlebih pada wajah, untuk mengobati jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah tanda tanda penuaan dini.

  1. Retinol

Retinol bekerja dengan cara membentuk kolagen dan mengencangkan kulit wajah, menjaga pori-pori lebih kecil sehingga minyak wajah lebih sedikit dikeluarkan. Untuk pemula sebaiknya pilih persentase rendah yaitu 0,5-1%

 

Bahan-bahan kandungan yang diperlukan sunscreen

Zinc oxide

Biasanya sunscreen mengandung 25-30% zinc oxide. Manfaat zinc oxide yaitu mencegah infeksi bakteri yang dapat mengganggu kesehatan di kult, mencegah kulit terbakar dari sinar matahari. Dapat digunakan untuk kulit sensitif dan bayi tanpa adanya efek samping. Zinc oxide disebut sebagai tipe UV filter paling aman dan memiliki stabilitas yang baik serta anti iritasi, mencegah kanker kulit, menenangkan ruam pada kulit.

Salicylic Acid

Kandungan salicylic acid dapat meng eksfoliasi sel kulit mati, membantu menyamarkan garis-garis halus, kerutan, membantu kulit wajah terlihat cerah dan halus, serta membersihkan pori-pori dari sumbatan dan menyamarkan pori-pori besar. Manfaat lainnya mengatasi masalah kulit, seperti menyembuhkan jerawat, dapat mencegah munculnya komedo dan blackhead, dan dapat membantu mengurangi peradangan saat kulit anda iritasi atau breakout.

Titanium Dioksida

Kandungan titanium dioxide pada sunscreen memiliki banyak manfaat antara lain aman digunakan oleh semua jenis kulit, tidak menimbulkan reaksi alergi, melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, cocok, tidak menyebabkan iritasi, bersifat non-comedogenic, tidak menyebabkan white cast, cocok untuk kulit sensitif dan formulanya lembut

Silica

Kandungan ini biasanya digunakan sebagai pelapis titanium dioksida. Jika sunscreen berkomposisi titanium dioksida tetapi tidak disertai silica atau alumina, maka sebaiknya pemakaiannya dihindari. Karena jika titanium dioksida tidak dilapisi silica akan membentuk radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Itulah tadi rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak remaja yang telah kami rangkum untuk anda serta tips-tips dalam memilih sunscreen yang tepat. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam memilih sunscreen yang tepat.

 

Bagikan ke

12 Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Remaja yang Aman

Artikel Lainnya

Cara Bayar Denda Tilang di Indomaret
Cara Bayar Denda Tilang di Indomaret dan Alfamart Tanpa Ribet
Diposting pada 05/09/2023 oleh

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement adalah sistem tilang yang mendeteksi pelanggaran pengemudi lewat CCTV. Sistem ini diberlakukan secara nasional mulai Maret 2021 lalu. Pengenda...

cara mengubah warna baju di foto lewat hp
4 Cara Mengubah Warna Baju di Foto Lewat Hp Offline dan Online
Diposting pada 03/12/2023 oleh

Siapa bilang cara mengubah warna baju di foto lewat hp susah dan harus menggunakan software editing di komputer? Tentu saja anggapan ini tidak benar. Kamu bisa dengan mudah dan cepat mengubah warna ba...

Foundation Yang Bisa Nutupin Bekas Jerawat
10 Foundation Yang Bisa Menutupi Bekas Jerawat dan Ampuh
Diposting pada 13/10/2023 oleh

Foundation yang bisa menutupi bekas jerawat sangat diminati oleh pengguna kosmetik dan selalu laris manis. Sebab, jerawat dan bekasnya menjadi masalah umum bagi sebagian besar orang. Bekas jerawat ada...

masker rambut keratin yang bagus
11 Masker Rambut Keratin yang Bagus dan Terbaik
Diposting pada 27/04/2024 oleh

Rambut kering dan susah diatur mungkin akan membuat sebagian orang kurang percaya diri. Untuk mengatasinya Hair mask menjadi salah satu perawatan produk yang bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala. ...

12 Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Remaja yang Aman