Beranda » Kecantikan » 14 Serum Vitamin C untuk Pemula yang Aman dan Bagus

14 Serum Vitamin C untuk Pemula yang Aman dan Bagus

Diposting pada 28/02/2024 oleh ◦ Dilihat: 61x ◦ Kategori: Kecantikan

Apakah Anda memiliki masalah wajah kusam, bekas jerawat membandel, kerutan, flek hitam? Tenang, Anda bisa mencoba memakai serum Vitamin C yang kaya manfaat. Vitamin C adalah antioksidan terkuat yang dapat mengatasi yang mencerahkan noda hitam, menghaluskan kulit, dan melindungi kulit dari radikal bebas serta radiasi UV.

Untuk Anda yang tertarik untuk mencoba serum vitamin C atau masih mencari serum vitamin C yang cocok dengan kulit Anda atau Anda masih pemula dalam memakai vit C, Kami punya rekomendasi merk serum vitamin C terbaik untuk pemula. Berikut 14 rekomendasi serum vitamin C untuk pemula aman dan bagus. yuk disimak!

vitamin c untuk wajah

Apa itu Serum Vitamin C

Serum Vitamin C adalah bahan aktif yang kaya antioksidan dan memiliki fungsi utama mencerahkan wajah. Serum Vitamin C merupakan salah satu perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat seperti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu mencerahkan wajah, meratakan warna kulit, serta merangsang produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit.

Cara memilih serum Vitamin C

1. Konsentrasi Vitamin C

Pertama Anda perlu memperhatikan konsentrasinya. Untuk pemula dan kulit sensitif pilihlah vitamin C yang konsentrasinya rendah yaitu 5-10%. Hal ini untuk mencegah reaksi iritasi pada penggunanya dan juga memberikan waktu pada kulit untuk beradaptasi secara perlahan. Untuk pengguna lanjutan atau semua jenis kulit (kering, normal, dan berminyak) bisa mencoba vitamin C dengan konsentrasi lebih tinggi yaitu 10-20% yang mampu memberikan hasil optimal. Sedangkan untuk tipe kulit berjerawat tidak disarankan memakai serum vitamin C. Tetapi jika jerawat sudah sembuh dan tinggal bekasnya, baru dapat memakai serum vitamin C untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Menurut ahli kecantikan, manfaat maksimal dari serum Vitamin C tidak lebih dari konsentrasi 20%. Jadi tidak perlu menggunakan produk dengan kandungan vitamin C lebih dari itu.

2. Bentuk Vitamin C

Bentuk atau turunan vitamin C ada banyak macamnya, seperti L-ascorbic acid (LAA), Magnesium ascorbyl phosphate, Ascorbyl glucoside, Ascorbic Acid Polypeptide dan Ascorbyl palmitate. Masing-masing bentuk Vitamin C ini memiliki tingkat kestabilan yang berbeda.

1. L-Ascorbic Acid, merupakan bentuk murni dari vitamin C. Jenis vitamin C paling stabil dan lebih efektif mencerahkan kulit tetapi vitamin C jenis ini rentan untuk mengiritasi kulit.

2. Magnesium Ascorbyl Phosphate, merupakan turunan vitamin V yang paling stabil dan bisa bekerja sebagai antioksidan yang efektif. Umumnya konsentrasi yang dibutuhkan agar jenis vitamin C ini bekerja dengan baik adalah di atas 5%.

3. Ascorbic Acid Polypeptide, termasuk turunan vitamin C yang baru namun lebih stabil. Penyimpanannya mudah dan minim efek samping fotosensitif, namun jenis ini tetap beresiko mengiritasi kulit sensitif.

4. Ascorbic Palmitate, turunan vitamin C yang minim iritasi, namun untuk bekerja efektif membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Turunan vitamin C ini adalah hasil dari penggabungan L-Ascorbic Acid dan Palmitic Acid.

5. Ascorbyl Glucoside, merupakan hasil dari kondensasi Ascorbic Acid dan glukosa. Turunan vitamin c Ini cukup stabil dari suhu panas, sinar matahari, dan oksigen. Bahkan, jenis ini minim iritasi di kulit sensitif sekalipun. Ascorbyl Glucoside bisa digunakan bersama Niacinamide untuk bertindak sebagai antioksidan yang efektif.

Berdasarkan penelitian The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, L-ascorbic acid adalah bentuk Vitamin C murni yang paling stabil. Selain itu bentuk vitamin C L-Ascorbic Acid lebih efektif untuk perawatan kulit wajah, tidak mudah teroksidasi. Tetapi tidak bisa digunakan dalam dosis tinggi.

Selain L-ascorbic acid ada turunan vitamin C lain, seperti Ethyl Ascorbic Acid yang juga direkomendasikan karena salah satu vitamin C yang cukup stabil sehingga aman untuk kulit wajah.

Cara pakai serum Vitamin C yang tepat

YOU The Radiance White Nourishing + Serum

Cara menggunakan serum vitamin C untuk pemula:

1. Gunakan secara perlahan

Gunakan secara bertahap, jangan langsung setiap hari agar kulit Anda dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan kandungan yang ada di Vitamin C. Anda bisa memulai penggunaanya 1-2 kali seminggu, kemudian berangsur-angsur tambahkan dosis pemakaian 3 kali seminggu, lalu 2 hari sekali hingga setiap hari.

2. Menggunakan Vitamin C di pagi hari

Menggunakan Vitamin C di pagi hari lebih efektif untuk kulit wajah Anda. Hal ini dikarenakan Vitamin C dapat melindungi wajah Anda dari radikal bebas dan sinar UV. Pastikan serum telah meresap lalu jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setelahnya.

Urutannya yaitu Cleanser, Toner atau Essence, Serum Vitamin C, Moisturizer, dan terakhir memakai Sunscreen. Pastikan di setiap tahap skincare sudah benar-benar meresap ke dalam kulit, sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Pemula

1. The Originote Hyalu-C Serum

The Originote Hyalu-C Serum

Produk ini memadukan 3x Vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen, mencerahkan wajah, dan juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Mengandung Hyaluronic Acid yang berfungsi memberikan hidrasi pada kulit wajah, menjaga kelembaban kulit, membuat kulit kenyal dan lembut. Mengandung Marigold, Sunflower dan Bunga Daisy yang juga berfungsi mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, dan dapat mengatasi kulit kusam. Serum ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit, teksturnya gel, dan bebas alkohol.

Ulasan pengguna :Serum ini banyak yg bilang bagus untuk mencerahkan dan menghilangkan bruntusan ataupun jerawat, jadi aku penasaran banget pengen nyoba, dan akhirnya ini jadi serum kedua yg paling aku sukaa. Dia tuh beneran bisa ngilangin beruntusan di dahiku yg susah banget hilang. Terus juga aku ngerasa wajahku lebih cerah dan mulus setelah pake serum ini. Pokoknya aku bakal repurchase kalo serum ini habis, apalagi harganya murahh bangett. ” – Bella (Female Daily Member)

 

2. Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Produk ini mengkombinasikan Vitamin C, Ferulic, dan NAG dalam formula Lemonade Waterless. Kombinasi ini akan menciptakan “Korean Glass Effect” yang dapat membuat kulit cerah bercahaya seperti kaca. Bahan aktif yang terkandung yaitu Jeju Lemonade 67%, Frulic Acid, Ethyl Ascorbic Acid,dan N-acetyl glucosamine.

Manfaat dari produk ini yaitu mencegah hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, mencerahkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas sinar UV, merangsang produksi kolagen, merangsang produksi alami Hyaluronic Acid di dalam kulit. Serum vitamin C ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit.

Ulasan pengguna :Salah satu serum somethinc yang aku suka, teksturnya kental tapi cukup cepat meresap kedalam kulit, meskipun ini vit c tapi di aku ga nimbulin jerawat sama sekali karna formulanya yang gentle. Buat hasilnya cukup mencerahkan meskipun ga instan. ” – Sazpute (Female Daily Member)

 

3. Bhumi C+ Brightening Booster

Bhumi C+ Brightening Booster

Produk dengan kandungan 10% Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid), mengandung Alpha Arbutin 3%, mengandung Madu 2%. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mencerahkan wajah, menekan produksi melanin pada kulit, meratakan warna kulit, membantu menyamarkan noda bekas jerawat, menghilangkan flek hitam, dan melembutkan kulit wajah Anda. Serum ini akan menutrisi kulit Anda tanpa membuat iritasi dan kering.

Ulasan pengguna :aku biasanya kalo pake c+ selalu gak cocok dan memang kulit ku agak sensitif sama vit c, tapi setelah coba pake c+ nya bhumi, kulitku aman malah jadi lebih sehat dan cerah. aku baru coba vit c+ bhumi sekitar 3 bulanan tapi hasil nya beneran nyata bangettttttt di kulitku jadi lebih cerah. ” – Annisyaa (Female Daily Member)

 

4. Bio Beauty Lab Potent-C Power Serum

Bio Beauty Lab Potent-C Power Serum

Produk serum Vitamin C ini memiliki kandungan THD Ascorbate yang kemampuannya 50x lebih kuat penyerapan di kulit dibanding jenis vitamin C pada umumnya. Produk ini diformulasikan dengan Ferulic Acid, Hyaluronic Acid dan bahan berkualitas lainnya. Formulanya tidak akan mengiritasi kulit dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Manfaat serum ini antara lain, dapat membantu mencerahkan kulit, sebagai anti-aging, melindungi kulit dari matahari, menyamarkan dark spot, mengencangkan kulit, meningkatkan kolagen, dan mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Ulasan pengguna :Baru pertama kali pakai vitamin c dan menjatuhkan pilihan ke produk ini karena review semua orang bilang bagus! ternyata bener pake serum ini bikin wajah jadi glowing dan lumayan mencerahkan, yang aki amaze serum ini bisa bikin bekas jerawatku memudar! udah repurchase 2x kayaknya bakal pake serum ini dulu deh untuk waktu yang lama. ” – Cindyrelia (Female Daily Member)

 

5. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Produk ini mengandung vitamin C (L-ascorbic acid 5%). Serum vitamin C ini bermanfaat untuk membantu menyamarkan noda hitam di wajah, menstimulasi produksi kolagen dan membantu mencerahkan kulit. Produk serum ini memiliki tekstur cair, tidak mengandung aroma menyengat, dan tidak berwarna.

Ulasan pengguna :Ampuh banget buat mudarin bekas jerawat yang menghitam teksturnya Tuh unik gitu watery sedikit oily gitu, pas dipake ada sensasi rasa hangat nya di kulit. Tipe serum yang menghidrasi ke kulit lembabnya enak.. dipake di bawah makeup pun juga aman .. dan efek mencerahkan ke kulitnya mantul sihhh ” – Larasati (Female Daily Member)

 

6. Wardah C-Defence Serum

Wardah C-Defence Serum

Produk ini mengandung hi-grade vitamin C yang cepat meresap hingga epidermis kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, melembabkan kulit, dan dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda. Produk ini juga mengandung Aloe Vera yang berfungsi menenangkan kulit kemerahan dan memberikan sensasi sejuk yang nyaman di kulit.

Ulasan pengguna :Serum pertama aku karena kakak aku recommend in serum vitamin c dari Wardah akhirnya aku nyoba pertama kali ternyata cocok diwajah aku dan endingnya bikin aku repurchase terus gak bisa move on dari Wardah dan bisa buat menghilangkan jerawat, jadi setiap ada jerawat baru muncul langsung aku kasih serum ini auto bye² jerawat.  ” – Mufidah (Female Daily Member)

 

7. Azarine C White Lightening Serum

Azarine C White Lightening Serum

Produk serum vitamin C dari Azarine ini diperkaya Ekstrak Pepaya yang baik untuk menghidrasi kulit. Niacinamide yang juga bermanfaat mencerahkan kulit wajah Anda.

Ulasan pengguna :Aku udah semingguan pake produk ini ternyata suka bgt pas dipake ringan, mudah menyerap, no white cast, tekstur nya cair jadi gampang di blend yang kulit nya kombinasi berminyak pke ini ternyata enak dan cocok untuk kulit kering gak cmn itu aja harganya murce trs gampang di dapetinnya fix bakal re perches lagii worth it bgt. ” – Fdinal (Female Daily Member)

 

8. Avoskin Your Skin Bae Serum Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

Avoskin Your Skin Bae Serum Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

Produk ini diklaim efektif untuk mencerahkan wajah dan menghambat produksi melanin. Sehingga dapat mencerahkan kulit kusam dan memudarkan noda hitam pada wajah Anda. Kandungan Mandarin Orange Fruit Extract yang diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan Niacinamide nya akan membuat wajah Anda cerah maksimal.

Ulasan pengguna : “ Jujur ini bagus banget buat mencerahkan, ini botol kedua aku. Ini bagus banget dipakai di pagi hari dan pake sunscreen buat hasil optimal yaa. Untuk pemula pake serum ini kalian ga bakal nyesel. ” – Fani Liong (SOCO Member)

 

9. For Skin’s Sake Vitamin C Serum

For Skin’s Sake Vitamin C Serum

Produk ini selain mengandung Vitamin C, ada juga kandungan Vitamin E dan Hyaluronic Acid yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, menghidrasi kulit dan juga melindungi kulit Anda dari radikal bebas.

Ulasan pengguna :Serum vit c pertamaku. pake ini alhamdulillah cocok gak bikin cekit2 di wajah. memudarkan bekas jerawat juga (asal rajin make). tekstur agak kental dan baunya gak bikin ganggu. rekomen buat yg lagi cari serum vit c. ” – Savira Ayuni (SOCO Member)

 

10. The Ordinary Ascorbyl Glucoside Solution 12%

The Ordinary Ascorbyl Glucoside Solution 12%

Produk serum ini tidak hanya mengandung vitamin C, serum satu ini juga mengandung Ascorbyl Glucoside, turunan vitamin C yang mudah larut di air. Produk The Ordinary Ascorbyl Glucoside Solution 12% dinilai aman untuk kulit sensitif yang memiliki masalah flek hitam dan kekusaman. Selain itu serum ini juga bebas alkohol dan parfum.

Ulasan pengguna :Ga nyangka sebagus itu dah serum vitamin c ini yang katanya serum vitamin c dengan dosis paling rendah di the ordinary. karena ascorbyl glucoside tuh turunan dari vitamin c gitu deh. baru 2 minggu lebih pake tiap pagi muka udah cerahan dan bekas jerawat pudar. ” – Maryam (Female Daily Member)

 

11. ElsheSkin  Vitamin C Serum

ElsheSkin  Vitamin C Serum

Produk ini tidak memiliki bau yang menyengat dan warna. Serum ini memiliki kandungan utama Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid) yang stabil dan aman untuk kulit wajah. Kemasan nya botol kaca gelap, sehingga mengurangi resiko teroksidasi akibat paparan sinar matahari.

Ulasan pengguna :Teksturnya agak kental tapi gak berat sama sekali, justru ini active ingredients yg ngelembapin. belum habis satu botol, udah bisa pudarin bekas jerawat. ga ada rasa tingling. botolnya juga aman bgt untuk vit. c. pump nya oke, jadi gampang keluar produknya. cakep bgt. ” – Nurul AmalIa (SOCO Member)

 

12. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Produk serum Vitamin C ini diklaim aman untuk ibu hamil atau menyusui. Produk ini dirancang khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak, pelembab ini ringan dan mengandung senyawa murni dari tumbuhan. Manfaatnya dapat menenangkan kulit dan menyeimbangkan kulit. Serum ini juga mengandung Tea Tree, Lidah Buaya, Gotu Kola, Minyak Lemon dan Ekstrak Kakadu Plum yang berfungsi melawan jerawat, menghidrasi kulit dan meremajakan kulit.

Ulasan pengguna : Serum vitamin C pertamaku! Dari segi tekstur serum nya kental, berwarna kuning jahe, wangi wewangian organik, sekali pump bisa utk 1 wajah (jadi hemat!). Setelah dioleskan ke wajah, gampang menyerap, langsung nge-set, melembabkan, gak lengket & cukup lumayan menyamarkan noda bekas jerawat. ” – Vidyandini Aginovia (SOCO Member)

 

13. Hanasui Serum Vitamin C

Hanasui Serum Vitamin C

Produk hanasui ini memiliki kandungan utama Vitamin C (Sodium Ascorbyl Phosphate) yang stabil dan kuat kandungannya. Serum ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah, melindungi dari radikal bebas, menyamarkan noda hitam di wajah, memperbaiki tekstur kulit Anda, mencegah hiperpigmentasi, meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Serum ini tak hanya mengandung Vitamin C tapi juga mengandung Niacinamide yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam.

Ulasan pengguna :Untuk kategori affordable price, serum ini nampol banget. Tekstur nya yang mudah menyerap dan gak lengket sama sekali. Kulit aku yang awalnya bruntusan karena komedo jadi halus dan plumpy. worth it !!! Gak kalah sama serum yang lainnya !!. ” – Regaqory (Female Daily Member)

 

14. Humphrey Serum Vitamin C & Collagen Plus

Humphrey Serum Vitamin C & Collagen Plus

Produk ini memiliki kandungan Vitamin C, Collagen, dan Vitamin B3. Serum ini bermanfaat untuk membantu menekan proses pigmentasi, kandungan kolagennya dapat mengembalikan kelembaban kulit, selain itu dapat menutrisi kulit, meratakan warna kulit, mengenyalkan kulit dan dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

Ulasan pengguna :Aku awalnya iseng beli ini soalnya kulit aku lagi kering banget. Pas aku beli botolnya bentuknya spray gitu dan cairannya bentuknya bening kental. Pas aku apply ke wajah enak banget langsung menyerap kayak ga pake apa apa di muka. Hasilnya juga wajah jadi kenyal bekas jerawat juga jadi cepat hilang. ” – Laviola Yulinda (Female Daily Member)

 

Serum yang mengandung Vitamin C dan Niacinamide

1. Implora Luminous Brightening Serum

Implora Luminous Brightening Serum

Produk ini mengandung Niacinamide dengan kadar 10% yang berpadu dengan vitamin C dari Kakadu Plum, dimana kandungan vitamin C-nya 70 kali lebih banyak dari buah jeruk.Serum pencerah ini tidak hanya membuat kulit wajah lebih cerah, tapi juga memberi kelembaban, menyamarkan noda hitam membantu mencegah jerawat dan menutrisi kulit sehingga kulit akan tampak sehat dan glowing.

2. Mineral Botanica Niacinamide Serum with Artichoke Leaf Extract

Mineral Botanica Niacinamide Serum with Artichoke Leaf Extract

berfungsi untuk melembabkan, menenangkan kulit, sebagai anti aging, mengontrol minyak berlebih serta mengatasi masalah jerawat.Serum ini juga mengandung vitamin C, tepatnya Ethyl Ascorbic Acid yang bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan glowing. Serum ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun, serta bisa dipakai pagi dan malam hari.

3. YOU The Radiance White Nourishing + Serum

YOU The Radiance White Nourishing + Serum

Produk serum ini diperkaya dengan Snow Mushroom extract, Niacinamide 5%, 50X Vitamin C dan Probiotik, mampu membuat kulit tampak sehat dan bercahaya.Serum ini berperan sebagai pelembab, menyerupai Hyaluronic Acid yang memberi kelembaban secara intensif. Bukan itu saja, serum ini juga bisa mengurangi tampilan pori-pori, garis halus dan noda hitam, serta membuat warna kulit menjadi lebih cerah merata.Serum ini bisa bertindak sebagai antioksidan yang menjaga elastisitas kulit, juga menyeimbangkan ekosistem microbiota di permukaan kulit untuk skin barrier yang lebih kuat.

Kapan waktu terbaik menggunakan serum Vitamin C?

Vitamin C sangat baik dalam membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar matahari. Oleh karena itu pemakaian di pagi hari sangat disarankan karena vitamin C mampu melindungi kulit Anda dari resiko tersebut. Anda akan memperoleh banyak manfaat jika menggunakan serum vitamin C di pagi hari. Penting juga memastikan serum vitamin C telah benar-benar meresap dengan baik di kulit sebelum Anda keluar beraktivitas.

Apa Manfaat Vitamin C Untuk Wajah?

Vitamin C adalah antioksidan terkuat yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah yaitu mencerahkan wajah, memberikan tampilan yang lebih segar, merangsang produksi kolagen, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan flek hitam, mengontrol sebum berlebih, menjaga kulit tetap elastis dan kencang, mencegah penuaan seperti kendur, melembabkan kulit, sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, pembengkakan, peradangan, dan kantung mata. Selain itu Vitamin C adalah antioksidan terkuat sehingga bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Vitamin C tidak boleh digabung dengan skincare apa?

Dalam menggunakan serum vitamin C ada bahan aktif tertentu yang tidak boleh dipakai bersamaan. Seperti AHA, BHA, Retinol, Peptida Tembaga dan Benzoil Peroksida. Karena bahan aktif tersebut dapat mengubah pH dari vitamin C, sehingga membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal.

Serum Vitamin C cocok untuk jenis kulit apa?

Serum vitamin C cocok untuk semua jenis kulit. Pastikan anda memilih serum vitamin C yang cocok dengan kulit Anda dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Apakah serum Vitamin C bisa menghilangkan flek hitam di wajah?

Ya Bisa, Vitamin mempunyai manfaat bisa menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, menyamarkan bekas jerawat, melindungi kulit dari sinar matahari, meratakan warna kulit, sebagai anti-aging, mengatasi hiperpigmentasi dll.

Bolehkah Vitamin C untuk kulit berminyak?

Ya boleh, Vitamin C dapat digunakan untuk semua jenis kulit baik kulit berminyak, kulit kering, maupun kulit sensitif. Serum vitamin C untuk kulit berminyak akan menghidrasi kulit secara efektif. Alih alih menjadi humektan yang menarik kelembaban ekstra pada kulit, justru vitamin C hanya akan membantu mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu vitamin C juga memiliki manfaat untuk mengatasi pori-pori tersumbat.

Bagikan ke

14 Serum Vitamin C untuk Pemula yang Aman dan Bagus

Artikel Lainnya

Concealer yang bagus untuk kantung mata
9 Concealer Yang Bagus Untuk Kantung Mata dengan Hasil Terbaik
Diposting pada 15/10/2023 oleh

Concealer yang bagus untuk kantung mata bisa Anda dapatkan dari varian liquid dan cream. Jika menginginkan kenyamanan, maka concealer liquid terasa ringan di wajah begitupun dengan coveragenya. Sement...

apakah sunscreen wardah bisa menghilangkan bekas jerawat?
Apakah Sunscreen Wardah Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?
Diposting pada 27/11/2023 oleh

Apakah sunscreen wardah bisa menghilangkan bekas jerawat? Tentu bisa, karena sunscreen memiliki peran yang sangat penting dalam memudarkan bekas jerawat. Bekas jerawat bisa sangat mengganggu penampila...

merk catok rambut yang bagus
10 Merk Catok Rambut Yang Bagus, Tahan Lama Terbaik
Diposting pada 04/03/2024 oleh

Agar penampilan terlihat lebih menarik dan maksimal. sebagian wanita suka melakukan styling pada rambutnya sebelum bepergian. Salah satunya adalah dengan menggunakan catokan rambut untuk meluruskan ra...

erdea printing
[TERUPDATE] Kisaran Harga Banner per Meter
Diposting pada 03/09/2023 oleh

Mengapa Banner Masih Relevan dalam Era Digital?Table of Contents1 Mengapa Banner Masih Relevan dalam Era Digital?2 Keunggulan Menggunakan Banner3 Jenis Banner dan Fungsinya4 Kisaran Harga Cetak Banner...

14 Serum Vitamin C untuk Pemula yang Aman dan Bagus