Beranda » Kecantikan » 14 Serum Vitamin C Lokal yang Bagus dan Terbaik

14 Serum Vitamin C Lokal yang Bagus dan Terbaik

Diposting pada 29/02/2024 oleh ◦ Dilihat: 69x ◦ Kategori: Kecantikan

Salah satu perawatan kulit yang juga baik, memiliki banyak manfaat dan tidak boleh dilewatkan yaitu vitamin C. Vitamin C yang kaya antioksidan ini memiliki manfaat seperti mencerahkan kulit, mengatasi masalah hiperpigmentasi, flek hitam, kulit kusam, menyamarkan noda bekas jerawat, kerutan, meningkatkan kolagen, menghambat produksi melanin, melindungi kulit dari polusi, melindungi dari radikal bebas hingga sinar matahari. Berikut rekomendasi serum vitamin C lokal yang bagus.

serum vitamin C lokal

Cara memilih serum Vitamin C

1. Konsentrasi Vitamin C

Pertama Anda perlu memperhatikan konsentrasinya. Untuk pemula dan kulit sensitif pilihlah vitamin C yang konsentrasinya rendah yaitu 5-10%. Hal ini untuk mencegah reaksi iritasi pada penggunanya dan juga memberikan waktu pada kulit untuk beradaptasi secara perlahan. Untuk pengguna lanjutan atau semua jenis kulit (kering, normal, dan berminyak) bisa mencoba vitamin C dengan konsentrasi lebih tinggi yaitu 10-20% yang mampu memberikan hasil optimal. Sedangkan untuk tipe kulit berjerawat tidak disarankan memakai serum vitamin C. Tetapi jika jerawat sudah sembuh dan tinggal bekasnya, baru dapat memakai serum vitamin C untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Menurut ahli kecantikan, manfaat maksimal dari serum Vitamin C tidak lebih dari konsentrasi 20%. Jadi tidak perlu menggunakan produk dengan kandungan vitamin C lebih dari itu.

2. Bentuk Vitamin C

cara memilih serum vitamin c

Bentuk atau turunan vitamin C ada banyak macamnya, seperti L-ascorbic acid (LAA), Magnesium ascorbyl phosphate, Ascorbyl glucoside, dan Ascorbyl palmitate. Masing-masing bentuk Vitamin C ini memiliki tingkat kestabilan yang berbeda.

  1. L-Ascorbic Acid, merupakan bentuk murni dari vitamin C. Jenis vitamin C paling stabil dan lebih efektif mencerahkan kulit tetapi vitamin C jenis ini rentan untuk mengiritasi kulit.
  2. Magnesium Ascorbyl Phosphate, merupakan turunan vitamin V yang paling stabil dan bisa bekerja sebagai antioksidan yang efektif. Umumnya konsentrasi yang dibutuhkan agar jenis vitamin C ini bekerja dengan baik adalah di atas 5%.
  3. Ascorbic Acid Polypeptide, termasuk turunan vitamin C yang baru namun lebih stabil. Penyimpanannya mudah dan minim efek samping fotosensitif, namun jenis ini tetap beresiko mengiritasi kulit sensitif.
  4. Ascorbic Palmitate, turunan vitamin C yang minim iritasi, namun untuk bekerja efektif membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Turunan vitamin C ini adalah hasil dari penggabungan L-Ascorbic Acid dan Palmitic Acid.
  5. Ascorbyl Glucoside, merupakan hasil dari kondensasi Ascorbic Acid dan glukosa. Turunan vitamin c Ini cukup stabil dari suhu panas, sinar matahari, dan oksigen. Bahkan, jenis ini minim iritasi di kulit sensitif sekalipun. Ascorbyl Glucoside bisa digunakan bersama Niacinamide untuk bertindak sebagai antioksidan yang efektif.

Berdasarkan penelitian The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, L-ascorbic acid adalah bentuk Vitamin C murni yang paling stabil. Selain itu bentuk vitamin C L-Ascorbic Acid lebih efektif untuk perawatan kulit wajah, tidak mudah teroksidasi. Tetapi tidak bisa digunakan dalam dosis tinggi.

Selain L-ascorbic acid ada turunan vitamin C lain, seperti Ethyl Ascorbic Acid yang juga direkomendasikan karena salah satu vitamin C yang cukup stabil sehingga aman untuk kulit wajah.

Cara pakai serum Vitamin C yang tepat

Cara pakai serum vitamin C

Cara menggunakan serum vitamin C untuk pemula:

1. Gunakan secara perlahan

Gunakan secara bertahap, jangan langsung setiap hari agar kulit Anda dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan kandungan yang ada di Vitamin C. Anda bisa memulai penggunaanya 1-2 kali seminggu, kemudian berangsur-angsur tambahkan dosis pemakaian 3 kali seminggu, lalu 2 hari sekali hingga setiap hari.

2. Menggunakan Vitamin C di pagi hari

Menggunakan Vitamin C di pagi hari lebih efektif untuk kulit wajah Anda. Hal ini dikarenakan Vitamin C dapat melindungi wajah Anda dari radikal bebas dan sinar UV. Pastikan serum telah meresap lalu jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setelahnya.

Urutannya yaitu Cleanser, Toner atau Essence, Serum Vitamin C, Moisturizer, dan terakhir memakai Sunscreen. Pastikan di setiap tahap skincare sudah benar-benar meresap ke dalam kulit, sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Rekomendasi Serum Vitamin C Lokal yang Bagus

1. Bio Beauty Lab Potent-C Power Serum

Bio Beauty Lab Potent-C Power Serum

Produk serum Vitamin C ini memiliki kandungan THD Ascorbate yang kemampuannya 50x lebih kuat penyerapan di kulit dibanding jenis vitamin C pada umumnya. Produk ini diformulasikan dengan Ferulic Acid, Hyaluronic Acid dan bahan berkualitas lainnya. Formulanya tidak akan mengiritasi kulit dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Manfaat serum ini antara lain, dapat membantu mencerahkan kulit, sebagai anti-aging, melindungi kulit dari matahari, menyamarkan dark spot, mengencangkan kulit, meningkatkan kolagen, dan mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Ulasan pengguna :Baru pertama kali pakai vitamin c dan menjatuhkan pilihan ke produk ini karena review semua orang bilang bagus! ternyata bener pake serum ini bikin wajah jadi glowing dan lumayan mencerahkan, yang aki amaze serum ini bisa bikin bekas jerawatku memudar! udah repurchase 2x kayaknya bakal pake serum ini dulu deh untuk waktu yang lama. ” – Cindyrelia (Female Daily Member)

 

2. Bhumi C+ Brightening Booster

Bhumi C+ Brightening Booster

Produk dengan kandungan 10% Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid), mengandung Alpha Arbutin 3%, mengandung Madu 2%. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mencerahkan wajah, menekan produksi melanin pada kulit, meratakan warna kulit, membantu menyamarkan noda bekas jerawat, menghilangkan flek hitam, dan melembutkan kulit wajah Anda. Serum ini akan menutrisi kulit Anda tanpa membuat iritasi dan kering.

Ulasan pengguna : “ aku biasanya kalo pake c+ selalu gak cocok dan memang kulit ku agak sensitif sama vit c, tapi setelah coba pake c+ nya bhumi, kulitku aman malah jadi lebih sehat dan cerah. aku baru coba vit c+ bhumi sekitar 3 bulanan tapi hasil nya beneran nyata bangettttttt di kulitku jadi lebih cerah. ” – Annisyaa (Female Daily Member)

 

3. Avoskin Your Skin Bae Serum Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

Avoskin Your Skin Bae Serum Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

Produk ini diklaim efektif untuk mencerahkan wajah dan menghambat produksi melanin. Sehingga dapat mencerahkan kulit kusam dan memudarkan noda hitam pada wajah Anda. Kandungan Mandarin Orange Fruit Extract yang diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan Niacinamide nya akan membuat wajah Anda cerah maksimal.

Ulasan pengguna :Jujur ini bagus banget buat mencerahkan, ini botol kedua aku. Ini bagus banget dipakai di pagi hari dan pake sunscreen buat hasil optimal yaa. Untuk pemula pake serum ini kalian ga bakal nyesel. ” – Fani Liong (SOCO Member)

 

4. Whitelab C Dose + Brightening Serum

Whitelab C Dose + Brightening Serum

Produk serum dengan kandungan Ethyl Ascorbic Acid (EAA) 2%, Ferulic Acid, HyaluComplex-10, dan Marine Collagen membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Kombinasi EAA dan Ferulic Acid sinergis membentuk kompleks antioksidan yang baik agar kulit tampak lebih cerah berseri dan mengurangi tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. Produk ini juga akan membantu menyamarkan noda gelap dan bekas jerawat, merawat kelembaban dan kehalusan kulit wajah

Ulasan pengguna : Ini serum oke punya tekstur nya kentel no fragrance dan pewarna cepet menyerap ga bikin lengket untuk mencerahkan nya juga dapet kulit ku lebih cerah setelah 2 Minggu pemakaian ga bikin kulit ku bruntusan dan breakout biasanya aku pake malam hari dan besok paginya kulit jadi lebih cerah dan plumpy harga nya juga affordable. ” – Meliaafy (Female Daily Member)

 

5. Dear Me Beauty 10% Vitamin C + Orange Extract Face Serum

Dear Me Beauty 10% Vitamin C + Orange Extract Face Serum

Produk serum ini mengandung bahan aktif 10% Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid) yang kaya akan antioksidan. Diformulasikan khusus untuk membantu mengurangi tampilan hiperpigmentasi dan melindungi lapisan kulit dari efek radikal bebas akibat paparan sinar Ultraviolet dan juga polusi. Mengandung bahan alami, seperti Ekstrak Orange, Aloe Vera, dan Collagen yang sangat baik untuk mengurangi noda hitam, meratakan warna kulit, serta mengatasi kulit kusam.

Ulasan pengguna :Teksturnya ringan dan cair kayak air, mudah diratakan dan cepat menyerap. Buat yang kulitnya combi to oily pasti suka deh, soalnya ringan banget, cepat meresap dan ga bikin lengket. Ga ada aroma/wewangian yg ganggu. GENTLE dan cocok buat PEMULA yang baru nyobain vitamin c. Nyaman di pakai ga ada rasa cekat cekitnya. Di pakai seharian di kulitku yg combi lumayan melembabkan tapi ga bikin oily dan selama pemakaian ga memicu jerawat. Aku rutin pakai di pagi hari hasilnya lumayan meratakan warna kulit, bikin cerah dan memudarkan bekas jerawat. ” – Sanrised (Female Daily Member)

 

6. Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment

Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment

Produk serum multi-action ini dibuat dengan pencerah kulit, pencerah pigmen dan ekstrak tumbuhan anti penuaan, Vitamin C aktif untuk meratakan warna kulit, bintik hitam, meregenerasi kulit untuk memperbaiki kulit, memudarkan bekas jerawat atau hiperpigmentasi lainnya.

Serum ini bekerja dengan tiga langkah: mencerahkan, meregenerasi dan melindungi. Bekerja pada permukaan kulit, mencerahkan bekas luka dan warna kulit yang tidak merata. Pada lapisan epidermis, Vitamin C mengaktifkan regenerasi kolagen dari dalam kulit dan mengembalikan elastisitas kulit. Serum ini akan melindungi kulit Anda dari masalah pigmentasi dan degradasi kolagen. Formulanya cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Ulasan pengguna :Serum vit C ini, teksturnya mirip emulsion, cream cair gitu. cepat banget meresap. waktu awal-awal pemakaian berasa agak tingly tapi tidak bikin kering atau iritasi. Malahan berasa lembab banget. Dan berasa kulit jadi lebih bright. PIH berkas jerawatku pun perlahan memudar. dalam 3 hari terlihat signifikan efeknya. sekarang aku sudah pakai botol ke 2 yang mini size. ” – Bozzmom (Female Daily Member)

 

7. White Story Vitamin C Radiance Serum

White Story Vitamin C Radiance Serum

Produk serum yang memiliki kandungan Vitamin C, Niacinamide, Marine Collagen, dan Hyaluronic Acid. Memiliki fungsi mencerahkan kulit, mengatasi masalah wajah kusam, menghaluskan kulit wajah, meremajakan kulit, menyamarkan bekas jerawat mengatasi flek hitam, memperbaiki kulit dari efek radiasi sinar matahari, dan meningkatkan antioksidan sehingga wajah tampak awet muda. Produk ini dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Ulasan pengguna :Tekstur nya gak begitu kental, dan sedikit ada wanginya. cepat nyerap pulaa.. aku punya jerawat yg ada nan*ah nya, biasanya setelah kering cukup lama utk bekas nya pudar.. tp semenjak rutin pake vitamin c ini, bekas jerawat jadi lebih cepat pudar drpd biasanya..selain itu juga mencerahkan wajah cukup nampol apalagi vitamin c digabung sama sunscreen di sunnyday its probably okeeeyyy banget. ” – Narisa (Female Daily Member)

 

8. Azarine Vitamin C 10% + Diamond Booster Serum

Azarine Vitamin C 10% + Diamond Booster Serum

Serum dengan kandungan 10% Vitamin C (Ascorbyl Glucoside) untuk mencerahkan, antioksidan, merawat kulit yang berjerawat, mengurangi hiperpigmentasi, dan mencegah penuaan dini. Kandungan Diamond akan membuat kulit tampak berkilau (glowing), membantu mencerahkan, mengunci kelembaban kulit, sekaligus melembabkan kulit. Kandungan Guaiazulene akan meredakan kemerahan pada kulit. Serta kandungan Oxyresveratrol membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam.

Ulasan pengguna :suka banget sama ini serum vitamin c azarine, teksturnya tuh ringan banget lebih waterry tapi gak lengket dan mudah sekali untuk meresap. menurutku ini tipe vitamin c yang work bgt dikulitku dia bisa mencerahkannya cepet juga, over all aku suka banget. ” – Nuraidiyati (Female Daily Member)

 

9. Hanasui Serum Vitamin C

Hanasui Serum Vitamin C

Produk hanasui ini memiliki kandungan utama Vitamin C (Sodium Ascorbyl Phosphate) yang stabil dan kuat kandungannya. Serum ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah, melindungi dari radikal bebas, menyamarkan noda hitam di wajah, memperbaiki tekstur kulit Anda, mencegah hiperpigmentasi, meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Serum ini tak hanya mengandung Vitamin C tapi juga mengandung Niacinamide yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam.

Ulasan pengguna :Untuk kategori affordable price, serum ini nampol banget. Tekstur nya yang mudah menyerap dan gak lengket sama sekali. Kulit aku yang awalnya bruntusan karena komedo jadi halus dan plumpy. worth it !!! Gak kalah sama serum yang lainnya !!. ” – Regaqory (Female Daily Member)

 

10. Sensatials Botanicals Cleopatra’s Rose Facial C Serum

Sensatials Botanicals Cleopatra’s Rose Facial C Serum

Produk ini akan melembabkan dan membantu meratakan warna kulit Anda. Mengandung Minyak esensial dari Kelopak Mawar dikenal memiliki manfaat anti-aging. Minyak Argan melembabkan secara alami. Ekstrak Kakadu Plum yang bersertifikasi organik dari USDA merupakan salah satu sumber vitamin C tertinggi di dunia. Kombinasi minyak argan dan ekstrak kakadu plum memberikan kandungan antioksidan, asam lemak esensial dan vitamin C yang tinggi untuk membantu mengurangi penampakan garis halus pada wajah.

Ulasan pengguna :Salah satu serum vitamin c lokal yg bagus menurutku (aku habis 2 botol). Texture nya kayak watery lotion, bukan serum yg bening & liquid gitu jadi agak tebel memang feels nya— aku biasa pakai 1 pump aja kalau pagi, pas malam baru agak banyakan. Ada extract kakadu plum yg kandungan vitamin c nya tinggi, tp Alhamdulillah aman di kulit sensitif ku, gak ada reaksi negatif. ” – Eidiputri (Female Daily Member)

 

11. Wardah C-Defence Serum

Wardah C-Defence Serum

Produk ini mengandung hi-grade vitamin C yang cepat meresap hingga epidermis kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, melembabkan kulit, dan dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda. Produk ini juga mengandung Aloe Vera yang berfungsi menenangkan kulit kemerahan dan memberikan sensasi sejuk yang nyaman di kulit.

Ulasan pengguna :Serum pertama aku karena kakak aku recommend in serum vitamin c dari Wardah akhirnya aku nyoba pertama kali ternyata cocok diwajah aku dan endingnya bikin aku repurchase terus gak bisa move on dari Wardah dan bisa buat menghilangkan jerawat, jadi setiap ada jerawat baru muncul langsung aku kasih serum ini auto bye² jerawat.  ” – Mufidah (Female Daily Member)

 

12. Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Produk ini mengkombinasikan Vitamin C, Ferulic, dan NAG dalam formula Lemonade Waterless. Kombinasi ini akan menciptakan “Korean Glass Effect” yang dapat membuat kulit cerah bercahaya seperti kaca. Bahan aktif yang terkandung yaitu Jeju Lemonade 67%, Frulic Acid, Ethyl Ascorbic Acid,dan N-acetyl glucosamine.

Manfaat dari produk ini yaitu mencegah hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, mencerahkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas sinar UV, merangsang produksi kolagen, merangsang produksi alami Hyaluronic Acid di dalam kulit. Serum vitamin C ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit.

Ulasan pengguna : Salah satu serum somethinc yang aku suka, teksturnya kental tapi cukup cepat meresap kedalam kulit, meskipun ini vit c tapi di aku ga nimbulin jerawat sama sekali karna formulanya yang gentle. Buat hasilnya cukup mencerahkan meskipun ga instan. ” – Sazpute (Female Daily Member)

 

13. Erha Truwhite Vitamin C & Peptide Brightening Serum

Erha Truwhite Vitamin C & Peptide Brightening Serum

Produk serum dengan kandungan Vitamin C 10% & Peptides yang membantu menyamarkan flek hitam secara selektif dan mencerahkan kulit wajah dalam 7 hari. Dilengkapi dengan kandungan Sodium Hyaluronate yang meningkatkan hidrasi dan menjaga elastisitas kulit wajah.

Kandungan Vitamin C, Peptides, Bisabolol berfungsi Membantu mencerahkan kulit wajah, Membantu meratakan warna kulit, Membantu menyamarkan flek hitam, Dengan New Advance technology active brightening ingredients yang mencerahkan kulit lebih efektif. Mengandung Salicylic Acid yang berfungsi sebagai anti comedogenic & anti acnegenic. Mengandung Brightening Amino Acid, White Water Lily Extract yang berfungsi Mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh inflamasi, Melindungi kulit dari radikal bebas, Efektif menenangkan kulit iritasi ringan dari paparan sinar matahari atau kulit yang sensitif. Produk ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit.

Ulasan pengguna :Bagus banget productnya. Awal kira gak akan efektif gak taunya super bagus. Bikin wajah cerah dan juga glowing. Mungkin karna ada niacinamidenya sama vitamin cnya ya. Semoga cocok terus. Pokoknya very recommended. ” – Bibi Larasati (Female Daily Member)

 

14. For Skin’s Sake Vitamin C Serum

For Skin’s Sake Vitamin C Serum

Produk ini selain mengandung Vitamin C, ada juga kandungan Vitamin E dan Hyaluronic Acid yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, menghidrasi kulit dan juga melindungi kulit Anda dari radikal bebas.

Ulasan pengguna :Serum vit c pertamaku. pake ini alhamdulillah cocok gak bikin cekit2 di wajah. memudarkan bekas jerawat juga (asal rajin make). tekstur agak kental dan baunya gak bikin ganggu. rekomen buat yg lagi cari serum vit c. ” – Savira Ayuni (SOCO Member)

 

Serum Vitamin C tidak boleh digabung dengan apa?

Dalam menggunakan serum vitamin C ada bahan aktif tertentu yang tidak boleh dipakai bersamaan. Seperti AHA, BHA, Retinol, Peptida Tembaga dan Benzoil Peroksida. Karena bahan aktif tersebut dapat mengubah pH dari vitamin C, sehingga membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal.

Serum Vit C lebih baik dipakai kapan?

Vitamin C sangat baik dalam membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar matahari. Oleh karena itu pemakaian di pagi hari sangat disarankan karena vitamin C mampu melindungi kulit Anda dari resiko tersebut. Anda akan memperoleh banyak manfaat jika menggunakan serum vitamin C di pagi hari. Penting juga memastikan serum vitamin C telah benar-benar meresap dengan baik di kulit sebelum Anda keluar beraktivitas.

Apakah boleh memakai serum vitamin C di malam hari?

Anda dapat menggunakan serum Vitamin C pada pagi maupun malam hari. Vitamin C adalah antioksidan paling kuat. Hal ini berarti saat siang hari vitamin C dapat bekerja melindungi kulit Anda dari unsur-unsur berbahaya seperti polusi, radikal bebas, sinar UV dan faktor lainnya.

Menggunakan serum vitamin C pada malam hari juga boleh. Pada malam hari kulit lebih mudah menyerap skincare dan pada malam hari derajat keasaman atau pH lebih rendah. Ketika tidur, kulit akan mengalami proses perbaikan alami. Selama tidur pun aliran darah meningkat dan membangun kembali kolagen serta memperbaiki kerusakan seperti garis halus, kerutan dan bintik penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

 Apakah Serum Vitamin C bisa menghilangkan flek hitam di wajah?

Ya Bisa, Vitamin mempunyai berbagai manfaat seperti bisa menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, menyamarkan bekas jerawat, melindungi kulit dari sinar matahari, meratakan warna kulit, sebagai anti-aging, mengatasi hiperpigmentasi dll.

Bagikan ke

14 Serum Vitamin C Lokal yang Bagus dan Terbaik

Artikel Lainnya

reading text
Contoh Reading Text Bahasa Inggris dan Contoh Soalnya
Diposting pada 19/09/2023 oleh

Biasanya reading text sering muncul pada tes Bahasa Inggris, seperti ujian sekolah, seleksi perusahaan, TOEFL, TOEIC, IELTS, dan lain sebagainya. Agar ujian Bahasa Inggris berjalan lancar, kamu bisa b...

sunscreen untuk remaja kulit berminyak
10 Sunscreen Untuk Remaja Kulit Berminyak Terbaik
Diposting pada 04/02/2024 oleh

Memilih sunscreen untuk tipe kulit berminyak memang sedikit tricky. Kulit berminyak kadang bisa mengganggu penampilan dan dapat membuat kepercayaan diri menurun. Kulit berminyak dapat menjadi tantanga...

Produk untuk Menghilangkan Mata Panda
19 Produk untuk Menghilangkan Mata Panda yang Efektif
Diposting pada 20/03/2024 oleh

Mata panda tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga membuat wajah terlihat lelah, tampak lebih tua dan tidak segar. Karena itu, Anda membutuhkan produk untuk menghilangkan mata panda seperti eye...

kunci ganda motor anti maling
 14 Rekomendasi Kunci Ganda Motor Anti Maling Terbaik
Diposting pada 29/11/2023 oleh

Pencurian kendaraan motor kini semakin marak terjadi tak hanya di tempat yang sepi namun di tengah keramaian pun masih saja ada laporan tentang kehilangan motor. Pencuri akan melakukan aksinya di berb...

14 Serum Vitamin C Lokal yang Bagus dan Terbaik