Beranda » Bisnis » 6 Franchise Pijat Refleksi Yang Populer di Indonesia dan Menjanjikan

6 Franchise Pijat Refleksi Yang Populer di Indonesia dan Menjanjikan

Diposting pada 06/10/2023 oleh ◦ Dilihat: 860x ◦ Kategori: Bisnis

Franchise pijat refleksi mungkin belum sepopuler bisnis waralaba makanan dan minuman. Justru inilah yang membuatnya menarik untuk disimak lebih lanjut, karena belum banyak orang meliriknya berarti saingan masih ringan. Bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari peluang bisnis, maka bisa mempertimbangkannya.

Pijat refleksi adalah bentuk perawatan kesehatan yang melibatkan pemijatan pada titik-titik kaki, tangan, atau telinga untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Pijat refleksi menargetkan setiap orang yang memiliki rutinitas padat sehari-hari agar kembali bugar.

Industri franchise adalah cara bisnis di mana seseorang bisa membuka dan mengoperasikan bisnis dengan memanfaatkan merek, sistem, dan dukungan dari pemilik waralaba yang sudah berjalan.

Ingin tahu franchise pijat refleksi yang ada di Indonesia? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut.

Franchise Pijat Refleksi

Keuntungan Memulai Franchise Pijat Refleksi

Pijat refleksi adalah salah satu sektor bisnis yang memiliki potensi sangat besar. Terlebih lagi di daerah perkotaan yang masyarakatnya selalu berkutat dengan pekerjaan, bisnis, pendidikan dan berbagai rutinitas sehari-hari lainnya. Mereka pasti membutuhkan layanan yang bisa mengusir lelah dan membuat badan kembali segar.

Meskipun Anda bisa membuka layanan pijat refleksi dengan brand sendiri dari nol, namun itu membutuhkan waktu dan proses lumayan panjang.

Padahal, sekarang ini sudah banyak franchise pijat refleksi yang menawarkan program kemitraan. Beberapa keuntungan yang akan peroleh dari waralaba pijat refleksi sebagai berikut:

1. Potensi penghasilan

Ketika bergabung kedalam franchise, berarti Anda membuka bisnis atas nama brand yang sudah dikenal oleh banyak orang dan sistem yang berjalan sekaligus terbukti berhasil mendapatkan konsumen loyal.

Karena sudah ada basis pelanggan dan sistem bisnis yang tinggal mengikuti, ini membuat potensi penghasilan Anda lebih besar meski baru buka. Sebab, orang-orang sudah tahu nama brand yang menawarkan layanan tersebut.

Beda cerita jika Anda membuka bisnis sendiri yang semuanya dimulai dari nol. Baik itu sistem bisnis maupun brand yang sama sekali tidak diketahui orang. Karena baru merintis, pendapatan di awal-awal tentu tidak pasti atau bahkan sama sekali belum menghasilkan.

2. Dukungan dari pemilik franchise

Salah satu keuntungan utama berbisnis dalam bentuk franchise adalah mendapatkan dukungan dari pemilik franchise. Bagi seorang pemula yang baru merambah suatu bisnis, dukungan dari orang-orang terdahulu dan sudah berpengalaman pastinya sangat penting.

Pemilik waralaba atau franchise biasanya menyediakan pelatihan, panduan operasional dan bantuan dalam memecahkan masalah yang mungkin Anda hadapi selama menjalankan bisnis pijat refleksi.

Dengan adanya bantuan dari mentor yang sudah terbukti berhasil membangun sebuah brand, ini membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih lancar.

3. Peluang pertumbuhan dan ekspansi

Sebagai seorang pebisnis, sudah sewajarnya apabila berkeinginan memiliki cabang. Jika bisnis di satu tempat berhasil mendapatkan keuntungan berlimpah, tentu Anda ingin memiliki di lokasi yang berbeda untuk memaksimalkan keuntungan.

Nah, pemilik franchise seringkali memberikan panduan tentang bagaimana melakukan ekspansi bisnis dengan benar. Sehingga, Anda tidak merasa bingung harus melakukan apa ketika ingin memperluas ekspansi bisnis pijat refleksi.

4. Kepercayaan pelanggan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal yang sangat penting. Ini menentukan seberapa baik bisnis berkembang seiring berjalannya waktu.

Nah, kalau Anda bergabung dengan sebuah franchise maka tidak perlu mengkhawatirkan tentang kepercayaan pelanggan. Sebab, mereka sudah berhasil memperkenalkan merek kepada banyak orang.

Sehingga, meskipun Anda baru membuka layanan pijat refleksi kemungkinan besarnya adalah pelanggan sudah banyak yang berdatangan.

Kekurangan Bergabung dengan Franchise Pijat Refleksi

Selain mendapatkan beberapa keuntungan diatas yang memudahkan Anda memulai pijat refleksi dan menghasilkan pendapatan stabil sejak pertama kali buka, tentu ada beberapa kekurangan yang dimiliki model bisnis ini. Yaitu sebagai berikut:

1. Modal Awal yang Besar

Dengan semua kemudahan yang Anda dapatkan, ada biaya yang harus dikeluarkan sebagai bayarannya. Ketika memutuskan untuk bergabung dengan franchise pijat refleksi, berarti Anda harus menyiapkan modal awal yang besar.

Modal tersebut termasuk biaya lisensi, peralatan dan pelatihan. Besaran modal awal berbeda-beda, menyesuaikan kebijakan dan ketentuan pemilik franchise.

Terkadang ada juga biaya berkelanjutan seperti royalti bulanan atau tahunan yang harus dibayarkan kepada pemilik franchise.

2. Terikat Pada Ketentuan Layanan Pemilik Franchise

Franchise biasanya memiliki aturan dan panduan ketat yang harus diikuti oleh setiap mitra. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualitas mereka disisi pelanggab.

Namun, disamping itu semua bisa menghambat kreativitas dalam mengelola bisnis. Anda mungkin memiliki sedikit kesempatan untuk mengubah atau menyesuaikan layanan kepada pelanggan.

Jika ingin menghadirkan inovasi layanan baru atau bahkan perubahan harga, maka harus mendapatkan persetujuan dari pemilik franchise.

3. Efek Domino dari Merek Franchise

Dengan bergabung ke sebuah franchise, memang betul apabila Anda sudah memiliki kepercayaan pelanggan di awal. Namun, ada konsekuensi yang secara bersamaan harus diterima.

Jika ada salah satu cabang franchise atau mungkin brand pusat bermasalah, maka ini bisa berdampak kepada bisnis Anda. Ketika terjadi masalah atau skandal di tingkat nasional dengan merek tersebut, hal ini bisa berdampak negatif pada bisnis franchise Anda.

5. Keterbatasan Lokasi

Pemilik franchise biasanya memiliki ketentuan dimana satu lokasi hanya menerima satu mitra. Itu berarti, ketika didaerah Anda sudah ada franchise pijat refleksi dari brand yang sama, maka tidak diperbolehkan membuka cabang lagi.

Ini masih belum termasuk adanya franchise dari brand lain, yang pada akhirnya menambah persaingan.

Itu tadi adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari franchise pijat refleksi yang bisa Anda pertimbangkan. Sebagaimana model bisnis yang lain, ada konsekuensi dan keuntungan disaat bersamaan yang bisa Anda dapatkan.

Pilihan Franchise Pijat Refleksi yang Populer di Indonesia

1. Bambu SPA

Bambu SPA adalah merek waralaba SPA sejak tahun 2008 yang terus mengekspansi bisnisnya ke berbagai daerah di Indonesia. Franchise satu ini berhasil tumbuh pesat dengan 18 lokasi yang tersebar mulai dari Jakarta sampai Bali. Kepopuleran Bambu SPA tidak main-main, terbukti dengan rencana bisnisnya akan segera membuka master franchise di Manila, Filipina.

Mengambil nama dari bahan unik yang mereka gunakan, yaitu bambu. Bambu SPA menawarkan pengalaman SPA unik dan tidak seperti layanan lain.

Mereka menghadirkan treatment SPA yang mengandalkan bambu, sebuah konsep yang belum pernah ditemui sebelumnya dalam SPA tradisional.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dan menjadi mitra Bambu SPA, mereka menyediakan berbagai pilihan paket franchise. Modal awal yang harus Anda persiapkan dimulai dari Rp. 150 juta hingga Rp. 500 juta.

Biaya tersebut sudah meliputi berbagai macam fasilitas. Seperti biaya sewa lokasi, peralatan, izin usaha, renovasi dan dekorasi interior, biaya operasional awal, fasilitas tempat tinggal sementara dan royalti sebesar 10% dari pendapatan bulanan.

2. Franchise Royal Garden Family Spa & Reflexology

Berbeda satu tahun dari dari Bambu SPA, Royal Garden Family Spa & Reflexology mulai layanan mereka sejak tahun 2009. Sesuai namanya, pelayanan SPA ini difokuskan untuk seluruh anggota keluarga. Selama lebih dari 14 tahun berdiri, sekarang ia sudah membuka 44 gerai SPA di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan data yang ada di pasaran, Royal Garden SPA saat ini berhasil membuktikan potensi penghasilan rata-rata Rp. 30 juta setiap bulan. Dengan penawaran keuntungan yang sangat menjanjikan tersebut, tidak heran apabila banyak orang tertarik dengan franchise pijat refleksi Royal Garden.

Tidak perlu khawatir dan takut dengan modal awal yang harus Anda persiapkan, karena masih tergolong kompetitif di industri jasa SPA. Modal awal yang Anda butuhkan mulai dari Rp. 266 juta sampai dengan Rp. 386 juta.

3. De WAVE Therapy and Reflexology

Ini dia salah satu brand SPA dan pijat yang terkenal di Indonesia, dengan pelanggan setia dari berbagai kalangan. De WAVE Therapy and Reflexology bukan hanya menghadirkan layanan saja, namun juga membuka franchise pijat refleksi bagi siapapun yang ingin menekuni bidang ini.

Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun, De WAVE memiliki ciri khas tersendiri dalam menghadirkan layanan SPA, Salon & Reflexology dan Family Message. Ciri khas tersebut membuatnya berbeda dari yang lain dan terasa istimewa. Tidak heran apabila basis pelanggannya besar dan berasal dari berbagai kalangan.

Bagi Anda yang memiliki modal cukup dan ingin bergabung menjadi bagian De Wave, maka bisa banget join waralabanya. Agar bisa bergabung menjadi mitra De WAVE, maka ada dua jenis biaya yang harus dibayarkan.

Yaitu biaya renovasi dan biaya bergabung (kloning fee). Namun, soal berapa harga franchise De WAVE bisa ditanyakan langsung lewat WhatsApp. Sudah disediakan costumer service yang siap memberikan informasi lebih detail, mulai dari modal awal sampai masalah teknis.

4. Cquita Salon and Day SPA

Ketika ingin menekuni sebuah bisnis, satu hal yang dicari oleh setiap orang adalah keuntungan. Jika memungkinkan, keuntungan yang diperoleh itu menjanjikan. Dari sinilah muncul franchise pijat refleksi yang menawarkan program kemitraan.

Brand lain di Indonesia yang juga menghadirkan program kemitraan tersebut adalah Cquita Salon and Day SPA. Brand ini sudah populer dikalangan masyarakat dengan kualitas layanan terbaik dan berkualitas unggul.

Cquita Salon and Day SPA memiliki konsep layanan “One Stop Treatment” yang sudah terbukti mampu memberi kepuasan bagi setiap pelanggan. Sehingga, basis pelanggannya adalah orang-orang yang rela membayar mahal untuk mendapat pijat relaksasi bagus.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa itu “One Stop Treatment”? Ini adalah layanan pijat refleksi lengkap dalam satu waktu dan satu tempat. Layanan tersebut terdiri dari perawatan wajah, rambut dan seluruh tubuh.

Nah, pelanggan tidak perlu memesan sendiri-sendiri untuk setiap bagian tubuh melainkan sudah mendapat paket lengkap.

Jika Anda ingin memiliki bisnis spa dengan potensi penghasilan besar, maka Cquita Salon and Day Spa adalah pilihan yang tepat.

Harga franchise Cquita Salon and Day SPA adalah Rp. 300 juta. Dengan modal ini, Anda sudah mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Yaitu sebagai berikut:

  • Hak penggunaan nama “Cquita” selama 5 tahun.
  • Renovasi lokasi bisnis seluas 75 meter persegi.
  • Pelatihan SDM selama 3 bulan.
  • Peralatan dan produk standar yang diperlukan.
  • Dukungan dalam pengelolaan bisnis.

Meskipun Rp. 300 juta bukanlah nominal yang kecil, namun sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Mulai dari dukungan dan konsep bisnis yang sudah terbukti berhasil.

5. Zafaran Beauty and SPA

Selain memperkenalkan franchise pijat refleksi dari brand yang sudah puluhan tahun melayani masyarakat di Indonesia, admin juga mengajak Anda mengenal Zafaran Beauty and SPA. Ia baru didirikan pada tahun 2020 kemarin, sehingga masih tergolong pemain baru.

Zafaran Beauty and Spa saat ini beroperasi di bawah naungan PT. Zafaran Group Indonesia. Brand ini berkomitmen untuk menghadirkan layanan SPA yang terjangkau kepada semua kalangan. Yang menjadi fokus mereka adalah wanita karier dan mahasiswi.

Misi dari Zafaran Beauty and Spa adalah memastikan semua orang memiliki kesempatan untuk merasakan perawatan spa yang layak tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Untuk bergabung menjadi mitra franchise Zafaran Beauty and SPA, ada tiga paket yang bisa Anda pilih. Yaitu sebagai berikut:

  • Paket Silver: Modal awal Rp. 215 juta dengan perjanjian selama 5 tahun.
  • Paket Diamond: Modal awal Rp. 265 juta dengan perjanjian selama 5 tahun dan mendapat perlengkapan spa.
  • Paket Gold: Modal awal Rp. 300 juta dengan lisensi selama 5 tahun dan perlengkapan SPA yang lebih lengkap.

Franchise Pijat refleksi ini menawarkan potensi keuntungan antara Rp. 50 juta sampai Rp. 80 juta. Dibalik keuntungan yang menjanjikan tersebut, Zafaran Beauty and Spa tetap berkomitmen menghadirkan layanan yang terjangkau.

6. International Beauty & Spa

International Beauty & Spa adalah salah satu spa legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1986. Sebagai brand ternama yang dikenal oleh banyak orang, ia menawarkan program kemitraan kepada siapapun yang berminat bergabung ke bisnis SPA.

Asalkan Anda tahu, Internasional Beauty & SPA hanya memiliki 5 gerai yang dipilih secara ketat. Langkah ini dilakukan untuk menjaga kualitas layanan SPA mereka.

Internasional Beauty & SPA menghadirkan tiga paket dengan tiga modal berbeda kepada calon mitra. Yaitu sebagai berikut:

  • Paket Investasi “Express” dengan biaya Rp 75 juta dan biaya waralaba Rp 10 juta per tahun selama 2 tahun.
  • Paket Investasi “Advance” dengan biaya Rp 150 juta dan biaya waralaba Rp 10 juta per tahun selama 2 tahun.
  • Paket Investasi “Professional” dengan biaya Rp 300 juta dan biaya waralaba Rp 10 juta per tahun selama 2 tahun.

Yang perlu Anda pahami adalah potensi keuntungan mencapai 200% per produk dan perawatan. Di industri layanan jasa, tentu angka tersebut sangatlah tinggi.

Lebih dari itu, Anda sebagai mitra tidak perlu membayar biaya royalty. Sehingga, semua keuntungan bisa Anda dapatkan sepenuhnya tanpa dibagi-bagi.

Bagaimana, apakah Anda merasa tertarik dengan bisnis SPA dari brand legendari satu ini?

7. Taman Sari Royal Heritage SPA

Taman Sari Royal Heritage Spa adalah franchise spa dan refleksi yang berasal dari PT Mustika Ratu, perusahaan besar di industri kecantikan Indonesia. Program waralaba spa dan refleksi ini mulai dibuka pada tahun 2000 lalu.

Taman Sari Royal Heritage SPA berhasil menonjol dengan konsep budaya Jawa yang unik, fokus pada spa tradisional. Sampai sekarang ini sudah lebih dari 27 outlet di seluruh Indonesia dan berencana untuk membuka 5 cabang baru.

Yang mengejutkan adalah cabangnya bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di Bulgaria, Kanada, Jepang, Ceko dan Malaysia. Untuk bergabung ke franchise pijat refleksi ini, membutuhkan modal awal sekitar Rp 1.73 miliar, dengan royalty fee bulanan sebesar 5% untuk mitra.

Demikianlah pembahasan mengenai tujuh franchise pijat refleksi yang terkenal di Indonesia. Mengingat modal awal yang dibutuhkan mencapai ratusan juta, Anda harus mempertimbangkan keuntungan dan kekurangannya secara matang.

Jangan ragu untuk meminta bantuan konsultan bisnis profesional agar mendapatkan saran dengan bijak.

Tags: , ,

Bagikan ke

6 Franchise Pijat Refleksi Yang Populer di Indonesia dan Menjanjikan

Artikel Lainnya

moisturizer yang mengandung niacinamide
15 Moisturizer yang Mengandung Niacinamide Cerahkan Kulit
Diposting pada 13/01/2024 oleh

Kandungan niacinamide dalam sebuah moisturizer dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kulit. Niacinamide dikenal sebagai bahan yang dapat membantu meredakan peradangan, memperbaiki kerusakan se...

Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat
10 Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat
Diposting pada 28/11/2023 oleh

Kulit anda sensitif dan berjerawat tapi bingung memilih sunscreen? Kulit sensitif adalah kondisi dimana kulit cenderung merespons dengan cepat terhadap iritasi. kulit sensitif cenderung lebih rentan t...

Sunscreen untuk kulit bruntusan dan sensitif
14 Sunscreen untuk Kulit Bruntusan dan Sensitif Terbaik
Diposting pada 28/11/2023 oleh

Memilih sunscreen yang tepat untuk kulit bruntusan dan sensitif sangat penting untuk perawatan kulit kita. Kulit bruntusan seringkali disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori...

Cara Bayar Denda Tilang di Indomaret
Cara Bayar Denda Tilang di Indomaret dan Alfamart Tanpa Ribet
Diposting pada 05/09/2023 oleh

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement adalah sistem tilang yang mendeteksi pelanggaran pengemudi lewat CCTV. Sistem ini diberlakukan secara nasional mulai Maret 2021 lalu. Pengenda...

6 Franchise Pijat Refleksi Yang Populer di Indonesia dan Menjanjikan