Beranda » Bisnis » 7 Cara Menjadi Reseller Skincare Korea Yang Sukses Untuk Pemula

7 Cara Menjadi Reseller Skincare Korea Yang Sukses Untuk Pemula

Diposting pada 06/10/2023 oleh ◦ Dilihat: 218x ◦ Kategori: Bisnis

Cara menjadi reseller skincare Korea terdiri dari beberapa langkah penting yang harus diketahui oleh setiap orang. Sebab, Anda akan berurusan dengan produk dari mancanegara. Membutuhkan ketelitian dalam memilih produk yang aman bagi konsumen. Selain itu, tidak lupa menargetkan keuntungan yang menjanjikan.

Skincare Korea memiliki daya tarik tersendiri bagi kaum remaja yang peduli dengan penampilan dan kesehatan kulit mereka. Meskipun sekarang ini sudah banyak brand skincare lokal, namun produk dari Korea tidak kalah diminati.

Dengan permintaan yang tinggi tersebut, ini membuka peluang bisnis menjanjikan. Agar Anda tidak salah mengambil jalan, mari disimak beberapa cara menjadi reseller skincare Korea berikut ini.

Cara menjadi reseller skincare Korea

Apa itu Reseller Skincare?

Reseller skincare adalah perorangan atau perusahaan yang membeli produk skincare dari distributor atau produsen tertentu untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen akhir. Reseller berperan sebagai perantara antara produsen atau distributor produk skincare dengan konsumen.

Reseller skincare biasanya membeli produk dengan harga grosir yang lebih rendah dari harga eceran. Skincare tersebut kemudian dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Tugas utama seorang reseller skincare terdiri dari pemilihan produk yang akan dijual, pemasaran produk kepada konsumen, mengelola stok produk dan melayanani pelanggan.

Sebagai reseller, Anda bisa menjual produk skincare secara langsung kepada konsumen melalui toko fisik, toko online, atau platform e-commerce.

Itu berarti, reseller skincare Korea adalah orang yang membeli skincare Korea secara grosir untuk dijual lagi. Salah satu keuntungan menjadi reseller adalah tidak pusing memikirkan produksi. Tugasnya hanya menjual produk sebanyak mungkin.

Besaran modal reseller skincare Korea bervariatif, tergantung pada merek, jenis dan jumlah skincare yang ingin dijadikan stok.

Beberapa Alasan Kenapa Skincare Korea Sangat Diminati

Produk skincare Korea berhasil mendapatkan perhatian luar biasa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seiring dengan meningkatnya popularitas skincare Korea, banyak orang yang kemudian mulai tertarik untuk menghasilkan keuntungan dari sini.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menjadi reseller skincare Korea, alangkah baiknya Anda mengetahui mengapa bisnis ini menjanjikan keuntungan dalam jangka panjang.

1. Inovasi Terus-Menerus

Salah satu hal yang membedakan antara skincare Korea dan lainnya adalah dari segi inovasi. Industri skincare Korea dikenal karena inovasi yang terus-menerus.

Mereka selalu memanfaatkan teknologi canggih dan mengembangkan formula baru untuk menciptakan produk yang lebih efektif dan aman. Sehingga, tidak mengherankan apabila produk skincare Korea sangat banyak jenisnya.

Produk skincare ini memberikan solusi untuk berbagai permasalan kulit, mulai dari kulit berjerawat, bekas jerawat, kulit kusam dan masih banyak lagi. Varian produk yang lengkap membuat target pasar mereka semakin luas.

2. Bahan-Bahan Berkualitas

Selain menghadirkan solusi yang lengkap untuk berbagai macam permasalahan kulit, skincare Korea juga dikenal mengandung bahan-bahan berkualitas tinggi. Ini membuatnya mudah mencuri perhatian pengguna, karena memberikan hasil akhir yang memuaskan.

Beberapa bahan yang sering terkandung didalam produk skincare Korea adalah vitamin, ekstrak tanaman alami, bahan antioksidan dan lain sebagainya. Bahan-bahan ini dianggap sangat bermanfaat untuk perawatan kulit.

Reseller skincare Korea berhasil membranding produknya sebagai produk unggulan dengan manfaat yang lebih efektif.

Produk skincare Korea berhasil membranding dirinya sebagai produk berkualitas dan memberi hasil yang efektif. Sehingg, ada banyak peminat yang selalu menunggu skincare Korea.

3. Standarisasi Produk yang Ketat

Jika berbicara tentang produk skincare Korea, maka yang pertama kali terbesit dibenak banyak orang adalah kualitasnya. Kualitas skincare Korea dikenal sangat tinggi, sehingga memberikan hasil akhir yang memuaskan.

Selain karena kandungan didalamnya, skincare Korea berkualitas tinggi karena sudah melalui uji klinis dan standarisasi produk yang ketat.

Sebagai pengguna skincare, banyak orang yang lebih mementingkan kualitas dan efektivitasnya bagi kulit daripada harga. Dengan kualitas produk yang baik, skincare Korea berhasil laris manis dipasaran.

4. Kemasan Menarik

Produk skincare Korea bukan hanya memperhatikan keamanan dan kandungan didalamnya, namun juga kemasannya. Mereka tahu bahwa kemasan menarik bisa mendapatkan perhatian konsumen untuk membeli.

5. Harga Bersaing

Tidak bisa dipungkiri bahwa produk skincare Korea memiliki harga yang terjangkau. Dibandingkan produk skincare lain dengan kandungan dan manfaat yang sama, skincare Korea dibanderol lebih murah.

Perbedaan harga yang lebih murah ini tentu menguntungkan semua pihak. Reseller bisa menjualnya lebih mudah kepada konsumen, begitupun konsumen akan mendapat harga lebih murah.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Oleh Calon Reseller Skincare Korea

Skincare adalah produk yang masuk kategori vital karena berhubungan langsung dengan kulit dan penampilan seseorang. Sebagai calon reseller, Anda pasti tidak ingin produk yang dijual justru memberikan efek negatif dan merugikan konsumen.

Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara menjadi reseller skincare Korea Anda harus memahami beberapa poin penting dibawah ini.

1. Perizinan Produk

Meskipun sebelumnya sudah dijelaskan bahwa skincare Korea melalui uji klinis dan standarisasi yang ketat, namun kita masih harus memastikannya lagi. Yaitu dengan memeriksa di website BPOM, sebagai lembaga resmi yang mengatur hak izin edar suatu produk.

Sebelum memutuskan untuk menjual skincare Korea, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut sudah berlabel BPOM dan original.

Jangan pernah sekali-kali menjual skincare KW dan tidak berlabel BPOM, karena hal ini bisa merugikan calon konsumen. Label BPOM menjadi pertanda bahwa produk tersebut sepenuhnya aman.

2. Kandungan didalam Produk

Sebagai seller pemula, Anda pasti merasa bingung menentukan kandungan didalam produk apakah berbahaya atau tidak. Jika produk sudah BPOM, bisa dipastikan bahwa tidak ada kandungan didalamnya yang berbahaya.

Nah, Anda perlu mengetahui kandungan pada skincare dan manfaatnya. Apakah kandungan didalam skincare tersebut cocok untuk tipe kulit berminyak dan sebagainya.

Pengetahuan produk menjadi bekal yang penting dipahami oleh reseller skincare. Sehingga, Anda bisa merekomendasikan produk yang tepat kepada konsumen.

3. Efek Samping

Dengan memahami kandungan didalam skincare, Anda bisa menentukan efek samping ketika digunakan oleh tipe kulit yang tidak cocok. Sampaikan kepada konsumen apabila ada kandungan didalam skincare yang tidak bisa dipakai untuk tipe kulit mereka.

Ketika Anda memahami efek samping sebuah produk, maka bisa menjelaskan kepada konsumen dan membantu mereka.

4. Manfaat

Setiap produk skincare Korea memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing, tergantung kandungan yang ada didalamnya. Sebagai seorang reseller, Anda perlu memahami hal ini supaya bisa memberikan solusi yang tepat kepada konsumen.

Ada skincare yang diformulasikan khusus untuk membantu memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan sebagainya. Yang perlu diingat adalah setiap produk skincare belum tentu cocok untuk semua tipe kulit.

5. Jenis Produk

Jangan buru-buru menjual skincare apabila pemahaman Anda hanya sebatas sabun cuci muka atau facial wash. Penting untuk dipahami bahwa ada banyak jenis skincare dengan fungsi masing-masing. Seperti pelembab, micellar water, toner, sunscreen, body lotion dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui jenis-jenis produk, Anda bisa memilihkan konsumen sesuai kebutuhan mereka.

6. Cara Pemakaian

Jangan sampai Anda tidak tahu cara pemakaian skincare dan bingung ketika calon konsumen bertanya. Sebagai seller skincare Korea, tugas Anda bukan sekedar menjual produk namun juga memperkenalkan dan mengedukasi orang lain.

Sehingga, mereka bukan hanya mengetahui manfaat dan bagaimana efek samping sebuah produk, namun juga cara pemakaian yang benar. Pahamilah langkah-langkah penggunaannya dengan benar terlebih dahulu, sebelum menjualnya.

7. Masa Berlaku

Cara menjadi reseller skincare Korea yang baik adalah memberikan produk aman bagi calon konsumen. Jangan sampai Anda menjual skincare yang sudah melewati masa experiednya.

Hal seperti ini jelas merugikan konsumen yang membeli skincare kepada Anda. Jika sekali sudah memberi pengalaman buruk kepada konsumen, maka kepercayaan mereka akan berkurang dan ini tidak baik bagi perkembangan bisnis.

Cara Menjadi Reseller Skincare Korea yang Sukses

1. Membuat Rencana Bisnis

Sama seperti bisnis lain, reseller skincare Korea membutuhkan rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis harus dibuat sejak awal untuk menentukan langkah Anda kedepannya.

Dengan memiliki rencana bisnis, proses Anda lebih terarah dan tertata rapi. Tidak asal jalan tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan.

Rencana bisnis yang dimaksud meliputi banyak hal, mulai dari nama brand bisnis, siapa target konsumen, bagaimana promosi, jasa ekspedisi yang didukung, pelayanan atas pertanyaan konsumen dan masih banyak lagi.

Tidak masalah apabila rencana bisnis Anda belum sempurna, setidaknya masalah operasional bisnis sudah jelas bagaimana melakukannya dan langkah antisipasi jika ada kemungkinan lain.

Kita ambil contoh menentukan target konsumen. Jika Anda menargetkan usia remaja, maka bisa fokus pada skincare yang mengatasi jerawat dan memutihkan kulit.

Sebab, usia remaja adalah fase dimana jerawat paling sering muncul. Anak remaja juga menyukai ketika wajah mereka terlihat putih berseri. Kurang lebih seperti inilah gambaran umum tentang rencana bisnis.

2. Menentukan Produk Skincare yang Ingin Dijual

Seperti yang kita ketahui bersama, produk skincare Korea terdiri dari berbagai macam kategori. Mulai dari toner, serum, krim siang, krim malam, sunscreen dan lain sebagainya.

Selain terbagi menjadi beberapa kategori, produk skincare Korea juga dibedakan berdasarkan manfaatnya. Ada paket skincare untuk kulit kusam, skincare untuk mengatasi jerawat, skincare untuk mengatasi kulit kering dan lain sebagainya.

Produk skincare harus ditentukan di awal, supaya lebih mudah mencari supplier. Bisa juga Anda menjual berbagai macam skincare sekaligus, namun membutuhkan modal besar.

Sementara itu, bagi pemilik modal kecil sebaiknya menentukan skincare Korea apa yang ingin dijual.

3. Mencari Supplier Terpercaya

Supplier adalah pemasok produk kepada reseller. Bagus atau tidaknya produk skincare Korea yang Anda jual kepada konsumen ditentukan oleh siapa suppliernya.

Jangan hanya mencari supplier yang menawarkan harga murah, namun cari tahu juga bagaimana kredibilitasnya. Apakah supplier tersebut bisa dipercaya dan bertanggungjawab atau tidak.

Ada beberapa kriteria supplier yang bisa dipercaya, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki reputasi baik.
  • Kualitas produk yang konsisten.
  • Pengiriman tepat waktu.
  • Berskap transparan selama bekerjasama.
  • Memiliki izin dan sertifikasi resmi BPOM.
  • Kapasitas produksi memadai.
  • Pelayanan konsumen yang baik.
  • Kontrak yang jelas.
  • Komitmen untuk bekerjasama jangka panjang.

4. Menyiapkan Modal Bisnis

Cara menjadi reseller skincare Korea berikutnya adalah mempersiapkan modal. Besaran modal ini tidak ada patokan khusus, karena setiap brand skincare memiliki ketentuan masing-masing perihal minimal order reseller mereka.

Sebelumnya admin sudah membahas cara menjadi reseller MS Glow, dimana mereka menetapkan order minimal untuk reseller adalah 5 paket senilai Rp. 1.350.000.

Besaran modal awal bisa berbeda-beda, tergantung brand skincare Korea yang Anda pilih. Namun, yang pasti adalah semakin besar modal di awal maka harga beli produknya semakin murah.

Sehingga, Anda bisa lebih untuk atau memberikan promo khusus kepada konsumen tanpa khawatir banting harga. Sebab, dari awal Anda sudah mendapatkan harga produk yang lebih murah.

5. Menentukan Harga Produk

Harga adalah pertimbangan pertama bagi calon konsumen yang ingin membeli sebuah produk. Terlebih lagi ketika memilih skincare Korea, mereka pasti mencari harga yang ramah dikantong. Jika Anda menetapkan harga terlalu mahal, bisa dipastikan konsumen kabur duluan.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus banting harga dan menjualnya dibawah pasaran. Ini adalah strategi yang buruk bagi bisnis skincare Anda kedepannya.

Sebagai reseller skincare pemula, Anda bisa mengambil margin keuntungan sebesar 20%-30% terlebih dahulu. Sebab, fokus Anda adalah mencari kepercayaan konsumen terlebih dahulu.

Bangun konsumen setia terlebih dahulu, jika sudah berhasil memiliki konsumen loyal bisa menaikkan margin keuntungan.

Tidak masalah Anda hanya mendapat keuntungan sedikit per produk, hal itu bisa ditutupi dengan kuantitas. Jika yang pesan banyak maka sama-sama menguntungkan.

Tetapkan harga yang masuk akal dan jangan terlalu murah. Sebab, ada juga tipe konsumen yang tidak mempermasalahkan harga asalkan produknya berkualitas dan memuaskan.

Untuk menentukan harga jual, coba deh Anda riset di marketplace dan sosial media produk serupa. Bandingkan dengan produk lain yang memiliki kandungan dan manfaat sama. Sehingg, bisa membuat keputusan akhir berapa harga jual yang masuk akal.

Cara menjadi reseller skincare Korea ini penting untuk diingat dan diterapkan. Karena dari sinilah keuntungan dan perkembangan bisnis Anda ditentukan.

6. Menentukan Media Promosi Skincare

Yang tidak kalah penting untuk disiapkan secara matang adalah media promosi. Tentukan apakah Anda ingin menjual skincare Korea di Facebook, Instagram, TikTok dan sebagainya. Setiap platform memiliki metode jualan yang berbeda-beda.

Kita ambil contoh Anda ingin menjual skincare Korea lewat website toko online. Maka harus mengenal yang namanya SEO agar website muncul diurutan pertama setiap kali orang mengetik kata kunci “skincare Korea” di Google.

Instagram, Facebook dan TikTok memiliki metode sendiri-sendiri untuk mengoptimalkan jualannya. Anda bisa mencari ilmu promosi online di YouTube dan website-website internet.

7. Selalu Mencatat Penjualan

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan adalah selalu mencatat penjualan. Catatan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepannya. Anda bisa mengetahui produk mana yang laris dan kurang peminat.

Untuk produk yang cepat laku, Anda bisa memperbanyak stok barang agar kebutuhan konsumen terpenuhi. Modal Anda bisa digunakan secara efektif untuk memaksimalkan bisnis.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara menjadi reseller skincare Korea yang bisa Anda ikuti apabila merasa tertarik terjun ke dunia bisnis ini. Langkah-langkah yang sudah admin jelaskan diatas merupakan panduan ringkas agar Anda lebih siap untuk berbisnis.

Sama seperti bisnis lain, reseller skincare Korea tentu memiliki beberapa tantangannya tersendiri yang harus dihadapi. Proses bisnisnya tidak semudah teori, namun seiring berjalannya waktu Anda bisa terus belajar dan berproses.

Pada akhirnya, Anda bisa menjadi reseller skincare Korea yang sukses dan profesional. Semua membutuhkan waktu, pengorbanan dan daya juang.

Tags: , , ,

Bagikan ke

7 Cara Menjadi Reseller Skincare Korea Yang Sukses Untuk Pemula

Artikel Lainnya

sunscreen remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat
13 Sunscreen Remaja Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Diposting pada 27/11/2023 oleh

Tipe kulit anda berminyak dan berjerawat, tapi bingung memilih sunscreen? Memang mencari sunscreen untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat cukup tricky. Apalagi kulit remaja yang masih rentan terhad...

contoh ide dan peluang usaha
Contoh Ide dan Peluang Usaha Prospek Cerah
Diposting pada 06/10/2023 oleh

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia melakukan berbagai macam kegiatan ekonomi sesuai dengan kemampuan yang mereka kuasai. Agar supaya bisa melakukan sebuah usaha, maka manusia harus melihat peluan...

face wash untuk bruntusan
11 Face Wash untuk Bruntusan dengan Kandungan Ampuh
Diposting pada 28/11/2023 oleh

Bruntusan seringkali disebabkan oleh perubahan hormon, produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori. Sehingga sebum tidak bisa dikeluarkan dengan baik yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya k...

hairdryer yang bagus
12 Hairdryer yang Bagus untuk Rambut, Ada Fitur Tambahan
Diposting pada 02/05/2024 oleh

Begitu banyaknya jenis dan fitur hair dryer yang bagus di pasaran pastinya membuat Anda bingung untuk memilih. Namun, jangan khawatir karena Kami telah mengumpulkan rekomendasi hair dryer terbaik yang...

7 Cara Menjadi Reseller Skincare Korea Yang Sukses Untuk Pemula